Awas ! Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

PrimaBerita – Bagi beberapa orang mendengarkan musik ataupun lagu akan lebih menyenangkan jika memakai headset daripada mendengarnya secara langsung. Padahal ada banyak bahaya yang bisa menghampiri jika menggunakan headset terlalu lama.

Banyak yang suka mendengarkan musik lewat headset karena terasa lebih private dan bisa dilakukan dimana saja tanpa mengganggu orang lain. Itu sebabnya orang-orang merasa lebih nyaman mendengarkan musik dengan headset.

Menyumbat telinga terlalu lama dengan headset rupanya memiliki risiko yang berbahaya. Penggunaan headset yang terlalu lama ternyata dapat memicu banyak hal buruk pada penggunanya.

Berikut Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama :

Pendengaran Menjadi Terganggu

Saat anda mendengarkan musik melalui headset sebaiknya perhatikan batas normal volume suaranya. Jika memutar musik dengan volume yang cukup tinggi frekuensi suara yang masuk ke telinga lewat headset melewati batasannya dapat membuat pendengaran menjadi terganggu.

Fungsi Telinga Bisa Rusak

Kebiasaan menggunakan headset terlalu lama bukan hanya bisa membuat pendengaran terganggu sementara, tapi juga berisiko mengalami kerusakan permanen pada telinga.

Apalagi jika terus menerus mendengarkan musik lewat headset dengan volume yang keras dan dibawa tidur. Fungsi telinga bisa perlahan-lahan menurun hingga akhirnya mengalami kerusakan permanen.

Kuman Masuk Ke Telinga

Meskipun headset anda terlihat bersih, ada banyak kuman dan bakteri yang menempel dalam headset. Hal ini karena headset merupakan salah satu benda yang mudah kuman tempeli melalui udara. Ketika headset anda pakai terus menerus maka kuman tersebut bisa masuk ke telinga dan berisiko membawa banyak penyakit bagi tubuh.

Telinga Mendengung

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin menyenangkan karena mereka bisa tenang mendengarkan musik tanpa bisa terganggu oleh suara apapun. Namun, mendengarkan musik dengan volume keras lewat headset nyatanya bisa menyebabkan telinga mendengung. Bahkan bisa menimbulkan dampak bahaya bagi telinga.

Kerusakan Otak

Para peneliti pernah melakukan percobaan dan menemukan bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari headset dapat menyebabkan kerusakan pada otak tikus. Hal ini harusnya menjadi alasan agar orang-orang berhati-hati dan membatasi penggunaan headset agar tidak terlalu lama karena bukan tidak mungkin gelombang elektromagnetik tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak manusia.

Add a Comment