7 Gejala Kanker Pankreas yang Harus Anda Waspadai Sedini Mungkin

PrimaBeritaKanker pankreas merupakan penyakit yang sulit untuk anda deteksi. Oleh karena itu sangat penting mengetahui gejala kanker pankreas sedini mungkin agar pencegahan atau pengobatannya bisa langsung anda lakukan.

Pada umumnya para penderita mengetahui telah mengidap kanker pankreas setelah penyakitnya telah berkembang. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka melakukan operasi usus buntu dahulu dan setelah itu baru mengetahui terkena kanker pankreas.

Berikut 7 Gejala Kanker Pankreas yang Harus Anda Waspadai Sedini Mungkin

1. Menguningnya mata dan kulit

Cara paling mudah untuk mengetahui gejala penyakit ini adalah dengan melihat apakah putih mata dan kulit anda menjadi kuning atau tidak. Penyebab kuningnya kulit dan mata adalah bilirubin, komponen kuning yang ada dalam tubuh kita, tidak mampu fungsi hati singkirkan untukditeruskan ke pankreas.

2. Terkena diabetes tipe 2

Pankreas yang tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin menyebabkan diabetes tipe 2. Tidak adanya hormon tersebut menyebabkan pergerakan gula darah tidak lancar sehingga penderitanya akan sering kehausan dan juga buang air kecil.

3. Sakit sekitar ulu hati

Anda dapat merasakan gejala kanker pankreas ini langsung dari tubuh. Seringnya rasa sakit area ulu hati bisa jadi menandakan anda terkena kanker pankreas karena kondisi pankreas anda yang sudah tidak beres. Bahkan rasa sakit ini mampu menjalar hingga ke bagian belakang tubuh anda.

4. Gangguan pencernaan

Rasa tidak enak yang terdapat pada lidah mungkin berasal dari gangguan pencernaan yang terpicu oleh kanker pankreas. Anda juga akan mengalami perubahan pola buang air besar (BAB) yang sebelumnya tidak pernah anda rasakan.

Sebagai contoh kebiasaan BAB pagi hari tidak lagi anda lakukan. Selain itu, rasa mual dan muntah juga akan anda rasakan karena gangguan pencernaan ini.

5. Darah mudah menggumpal

Penderita kanker pankreas akan mengakibatkan pembekuan darah anda begitu cepat sehingga mampu menutup aliran darah. Kasus ini disebut hypercoagulation dan dalam kondisi yang parah, ini dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan lainnya.

6. Hilangnya selera makan

Penurunan berat badan ini bukan karena anda memang sengaja menurunkan berat badan melainkan hilangnya selera makan anda. Selain itu penurunan berat badan anda juga bukan penurunan yang kecil, melainkan besar yang bahkan orang-orang sekitar anda bisa menyadarinya.

7. Mengidap depresi

Akibat menumpuknya gejala-gejala penyakit tersebut, pengidap kanker pankreas pastinya terkena depresi yang hebat pula. Depresi ini akan menambah parah gejala-gejala yang anda alami dan kanker pankreas itu sendiri.

Add a Comment