Penyebab dan Langkah Penanganan Mimisan

Langkah Penanganan Mimisan

PrimaBerita – Penyebab mimisan yang paling umum adalah kebiasaan seseorang mengorek lubang hidung serta kondisi udara yang kering namun jika itu terjadi maka anda harus mencari tahu bagaimana langkah penanganan mimisan (hidung berdarah).

Pun demikian, mimisan ini bisa terjadi kepada siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga lansia maupun wanita hamil. Meski terkadang terlihat menyeramkan karena darah keluar dari hidung akan tetapi kondisi ini bukanlah hal yang berbahaya. Seseorang bisa melakukan langkah mandirinya sendiri di rumah.

Hal pertama yang bisa anda lakukan saat terjadi mimisan yaitu jangan panik. Cobalah untuk tenang kemudian lakukan beberapa langkah penanganan mimisan berikut.

1. Duduk tegak dan jangan berbaring sebab posisi duduk dapat mengurangi tekanan pembuluh darah dalam hidung. Sehingga peredaran darah bisa berhenti mengalir dari hidung.

2. Lalu condongkan tubuh agak ke depan supaya darah yang keluar dari hidung tidak sampai masuk ke bagian tenggorokan. Karena darah yang tertelan dapat memicu mual/muntah.

3. Setelah itu pencetlah hidung sekitar 10 – 15 menit. Anda perlu bernafas dari hidung. Lakukan pengompresan pada pangkal hidung menggunakan air dingin untuk memperlambat pendarahan.

PENYEBAB MIMISAN

Sebenarnya ada beberapa penyebab mimisan atau epistaksis. Meski kebiasaan mengorek lubang hidung merupakan salah satu penyebab yang paling umum, berikut faktor penyebab mimisan lainnya.

  • Bentuk hidung yang bengkok oleh karena faktor keturunan atau pernah cedera.
  • Infeksi penyebab hidung tersumbat atau flu.
  • Membuang ingus terlalu kencang atau terlalu memaksa.
  • Cedera pada bagian hidung.
  • Kemunculan alergi.
  • Penggunaan obat pelega hidung (dalam bentuk obat semprot) yang secara berlebihan.
  • Sinusitis kronis (kondisi saat rongga sekitar saluran hidung membengkak dan meradang setidaknya selama 12 hari).

Sementara itu terhadap anak-anak penyebab sebagian besar mimisan bisa oleh karena pilek, udara kering, maupun alergi. Ketika seseorang mengalami mimisan darah akan keluar dari pembuluh darah bagian depan hidung atau belakang hidung. Namun bila mimisan terjadi berulang maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter. Anda perlu waspada karena bisa jadi menjadi gejala suatu penyakit seperti gangguan pembekuan darah.

Add a Comment