Jadi Simbol Toleransi Beragama, Begini Megahnya Masjid Maria Bunda Yesus di Abu Dhabi

Masjid Maria Bunda Yesus

PrimaBerita – Sebuah masjid dengan nama yang cukup menarik perhatian warga dunia yakni Mary Mother of Jesus Mosque atau Masjid Maria Bunda Yesus berdiri megah di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Tentu masjid ini bisa menjadi simbol toleransi antar umat beragama.

Menelusuri dari berbagai sumber, masjid ini pada awalnya bernama masjid Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Akan tetapi terjadi perubahan nama menjadi masjid Maria Bunda Yesus atas permintaan langsung MBZ (Mohamed Bin Zayed) yang merupakan putra mahkota. Masjid tersebut berdiri megah sebagai bentuk penghormatan dan toleransi antar sesama umat beragama.

Mary Mother of Jesus Mosque berletak di distrik Al Mushrif. Adapun nama baru masjid secara resmi tersemat sejak 15 juni 2017. Putra mahkota raja Uni Emirat Arab juga menyebut alasan pergantian nama masjid. Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, sang putra mahkota meyakini nama masjid tersebut dapat mempererat hubungan antar sesama umat beragama, muslim dan nasrani.

Bahkan keputusan ini pun mendapat respon yang positif dari berbagai kalangan, salah satunya menteri Toleransi UEA.

“Arahan bijaknya dalam melaksanakan inisiatif ini menjadi teladan cemerlang. Dan citra yang indah tentang toleransi dan hidup berdampingan yang dinikmati oleh masyarakat UEA,” kata Shaikha.

Mendapat Apresiasi dari Umat Nasrani

Rupanya keputusan pengubahan nama masjid tersebut menjadi Mary Mother of Jesus Mosque mendapat respon positif dari umat nasrani. Terutama dari gereja-gereja wilayah kota Abu Dhabi. Seperti pendeta senior dari gereja St Andrew menyambut baik penyematan nama masjid dan sungguh bahagia mendengar kabar tersebut.

“Kami senang dan bahagia merayakan persaudaraan yang bisa kita jalin antar kedua umat beragama,” kata Andrew Thompson.

Menurutnya, Maria bukan hanya ibu Yesus tetapi juga merupakan simbol ketaatan kepada Tuhan. Bahkan bagi komunitas nasrani, bunda Maria adalah sosok yang suci dan istimewa.

Arsitektur yang Megah

Bagunan masjid ini berbentuk persegi dengan 4 menara pada setiap sudutnya. Masjid juga memiliki kubah utama berukuran besar, selain kubah kecil pada sekelilingnya. Untuk cat bangunan masjid berwarna krem keemasan sehingga semakin menambah estetik masjid.

Tembok masjid pada bagian luar terlengkapi dengan elemen dekoratif geometris sehingga mengesankan perasaan. Semakin melengkapi megahnya bagunan, masjid memiliki pencahaan yang modern yang dapat berubah warna dan terdapat kaligrafi ayat suci Al-Qur’an.

Add a Comment