Aplikasi Clubhouse Rilis Untuk Android

aplikasi clubhouse android

PrimaBeritaAplikasi Clubhouse akhirnya rilis untuk sistem android setelah sekitar 1 tahun hanya tersedia bagi perangkat iOS. Bahkan beberapa bulan belakangan aplikasi ini sempat menjadi sorotan.

Clubhouse adalah sebuah aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan yang luncur pada tahun 2020 oleh pengembang perangkat lunak, Alpha Exploration Co. Mengutip dari wikipedia, aplikasi baru ini nilainya hampir USD 100 juta pada bulan desember tahun lalu. Pada 21 januari 2021, aplikasi Clubhouse sudah bernilai USD 1 miliar.

Saat pertama kali peluncuran, Clubhouse hanya tersedia bagi pengguna iOS hingga akhirnya semakin populer pada bulan-bulan awal pandemi covid-19. Namun kini aplikasi Clubhouse kabarnya rilis untuk pengguna android.

“Rencana kami selama beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas. Memperbaiki masalah yang kami lihat dan menambahkan fitur akhir seperti pembayaran dan pembuatan komunitas sebelum meluncurkannya secara lebih luas,” bunyi postingan dalam blog, seperti lansiran CNN (10/5/2021).

Meski sudah rilis untuk android, namun aplikasi Clubhouse ini masih dalam versi Beta. Jadi sejauh ini masih belum tahu kapan secara resmi bisa digunakan. Nantinya pengguna di luar AS melakukan pendaftaran lebih dulu melalui laman Clubhouse di Google Play Store. Hal ini supaya secara otomatis terunduh ketika aplikasi sudah tersedia, begitu menurut The Verge.

Adapun pihak Clubhouse mengatakan platform akan tetap tersedia dalam undangan khusus saat ini. Itu artinya kehadiran aplikasi masih eksklusif dan tidak terbuka terhadap sembarang orang.

Kendati demikian walau hanya tersedia dengan akses yang terbatas nampaknya Clubhouse telah menghasilkan gebrakan yang signifikan. Pasalnya pada awal-awal peluncurannya yakni tahun lalu, pengguna aplikasi ini banyak datang dari kalangan selebriti, investor, maupun politisi. Mereka menggunakan aplikasi ini untuk berdiskusi.

Lantas kedatangan Clubhouse yang mendadak populer rupanya turut membuat beberapa perusahaan teknologi besar tertarik untuk meluncurkan fitur serupa. Bahkan Bos Tesla, Elon Musk sempat mencuit bahwa ia setuju untuk mengobrol lewat aplikasi Clubhouse dengan rapper terkenal Kanye West.

Add a Comment