Youn Yuh Jung, Artis Korea Peraih Piala Oscar Lewat Film Minari

youn yuh jung

PrimaBerita – Youn Yuh Jung, salah satu artis Korea Selatan berhasil memenangkan piala Oscar 2021 untuk kategori pemeran pendukung wanita terbaik. Ia menyabet prestasi bergengsi tersebut lewat perannya sebagai Soon-ja dalam film Minari. Tapi meski demikian Yuh Jung yang memenangkan Oscar sebelumnya rupanya telah diprediksi oleh banyak pihak.

Menurut sumber, aktris berusia 73 tahun tersebut sudah pernah membawa pulang piala Golden Globes dan SAG Awards untuk kategori yang sama.

Dalam pidatonya, sang aktris seolah tidak percaya adanya persaingan merebut Piala Oscar, khususnya untuk kategori akting. Namun walau demikian pendapat tersebut ia sampaikan karena dengan alasannya tersendiri.

“Saya tidak percaya pada persaingan. Bagaimana saya bisa menang atas Glenn Close? Malam ini, saya hanya memiliki sedikit keberuntungan, saya pikir, mungkin,” katanya.

“Saya lebih beruntung dari anda. Dan juga mungkin itu keramahan Amerika untuk artis Korea. Saya tidak yakin. Tapi bagaimanapun, terima kasih banyak,” lanjut Youn Yuh Jung.

Youn Yuh Jung dalam kategorinya tersebut mengungguli nomine lain yakni Maria Bakalova, Glenn Close, Olivia Colman, serta Amanda Seyfried.

Ia bahkan mengatakan bahwa kemenangannya meraih piala Oscar karena keberuntungan.

“Khususnya (bicara persaingan) di bidang akting karena anda harus membandingkan aktris dengan peran dan dimensi berbeda. Sekali lagi saya hanya merasa beruntung mendapat penghargaan ini,” ungkapnya.

Piala Oscar sendiri merupakan sebuah penghargaan film Amerika untuk menghargai berbagai karya dalam industri film. Istilah lain untuk menyebut Piala Oscar yaitu Academy Award. Terdapat sejumlah kategori pemenang yang mendapatkan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit atau Oscar.

Sudah aja sejak lama, ajang penghargaan ini pertama sekali terselenggara pada tahun 1929 dalam hotel Hollywood Roosevelt. Kala itu upacara penganugerahan menghadirkan sekitar 270 orang.

Sebelumnya, acara penghargaan Academy Awards ke-92 terselenggara pada 9 februari 2020 lalu dan tidak ada pembawa acara perayaan tersebut.

Baca Selanjutnya: Reaksi Sule Saat Dengar Nathalie Holscher Hamil di Tengah Isu Keretakan Rumah Tangga

Add a Comment