Waspadai, Tanda Penyakit Usus Buntu Pada Anak

tanda penyakit usus buntu anak

PrimaBerita – Setiap manusia terdapat usus pada sistem pencernaan yang berbentuk seperti kantung kecil dan tipis. Bagian inilah yang namanya usus buntu. Ada beberapa tanda penyakit usus buntu pada anak yang perlu anda waspadai.

Usus buntu merupakan penyakit yang rentan menyerang anak. Jika sejumlah gejala tidak segera anda tangani, kondisi akan memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Komplikasi yang paling membahayakan adalah kehilangan nyawa.

Penyakit usus buntu merupakan hal yang sangat membahayakan, karena peradangan pada bagian tersebut menyebabkan infeksi serius, yang bisa saja menjalar ke organ sehat sekitarnya.

Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah terjadinya pembengkakan yang menyakitkan karena infeksi pada bagian tersebut.  Gangguan usus buntu pada anak dapat terjadi karena bagian dalamnya terhalang oleh sesuatu, sehingga menyebabkan infeksi.

Berikut Tanda Penyakit Usus Buntu Pada Anak

Rasa Sakit pada Perut

Jika aanak merasakan sakit pada area perutnya, mulai dari sekitar pusar hingga ke sisi kanan perut bagian bawah. Sebaliknya gejala bisa berawal pada sisi kanan perut bagian bawah, sebaiknya waspadai.

Konstipasi

Seseorang yang mengalami sembelit atau konstipasi jika buang air besar kurang dari dua kali dalam seminggu. Jika anak mengalami hal tersebut bisa jadi pertanda usus buntu pada anak.

Alih-alih merasa lega, perut malah terasa tetap kembung dan penuh seperti belum buang air besar. Sensasi kembung pada perut ini merupakan salah satu gejala yang menandakan mengalami sembelit.

Gastroenteritis

Penyebab Gastroenteritis adalah adanya peradangan pada lapisan usus. Pada penyakit usus buntu, infeksi yang terjadi dapat menyebar ke sistem pencernaan terdekat sehingga mengalami radang pada bagian usus lainnya.

Demam

Biasanya, gejala awal yang mengalami gangguan pada usus buntu adalah demam. Tubuh anak akan mengalami peningkatan temperatur, dan selalu berkeringat. Jika kondisi ini terjadi, langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah mengompresnya agar suhu tubuh menurun. Setelah itu, periksakan anak ke dokter.

Muntah

Seorang anak juga mungkin mengalami muntah ketika usus buntu mengalami gangguan. Tanda yang satu ini mungkin membuat anda bingung, karena tidak ada terlihat tidak ada kaitannya dengan penyakit usus buntu. Oleh karena itu, jika Si Kecil terlihat muntah-muntah, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Add a Comment