Hindari Langsung Melakukan Ini Setelah Makan

hindari langsung setelah makan

PrimaBerita – Tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat setelah makan jadi sebaiknya hindari langsung melakukan beberapa hal ini setelah makan untuk kesehatan tubuh anda. Ini akan membantu organ tubuh untuk mencerna makanan.

Jika anda ingin melakukan sebuah aktivitas setelah makan ada baiknya dengan berjalan saja. Atau anda juga bisa minum air putih yang cukup.

Sejumlah kegiatan berat sebaiknya anda hindari untuk langsung anda lakukan usai makan. Selain itu terdapat sejumlah hal yang juga sebaiknya tidak langsung dilakukan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut Hal yang perlu anda Hindari Langsung Setelah Makan :

Menggosok Gigi

Beberapa orang mungkin banyak melakuakan kebiasaan yang satu ini. Mengosok gigi setelah makan sah-sah saja namun ada pada beberapa jenis makanan tertentu terutama dengan kandungan asam yang tinggi seperti jeruk, sebaiknya hindari untuk langsung menyikat gigi.

Sebaiknya tunggu hingga 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi agar email tidak rusak. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman ini, anda sebaiknya menyikat gigi terlebih dahulu sebelumnya dan kemudian meminum air setelahnya untuk menghilangkan asam yang menempel.

Tidur

Hal yang satu ini sudah banyak orang ketahui dan percayai bahwa tidur langsung setelah makan merupakan hal yang sebaiknya tidak anda lakukan.

Sebaiknya tunggu setidaknya tiga jam, setelah makan atau ngemil sebelum tidur. Pencernaan anda akan bekerja lebih baik ketika anda dalam posisi berdiri dan bukan rebahan. Ketika anda dalam posisi rebahan atau horizontal, tidak akan ada gravitasi yang membantu dalam mencerna makanan dan malah bisa menimbulkan rasa mual.

Olahraga

Tubuh membutuhkan proses dalam mencerna makanan sehingga anda akan mudah lelah saat berolahraga setelah istirahat. Oleh karena itu olahraga sebaiknya jangan anda lakukan langsung usai makan.

Ketika tubuh tengah mencerna makanan, anda tidak akan mampu berolahraga dalam cara yang efektif secara bersamaan. Hal ini bisa menimbulkan sakit perut serta kram otot terutama setelah makan berat.

Setidaknya tunggu beberapa waktu sebelum anda berolahraga, tergantung seberapa berat dan banyak makanan anda. Untuk membantu pencernaan setelah makan, sebaiknya lakukan jalan-jalan kecil.

Add a Comment