Waspadai! Kegiatan ini Bisa Membuat Anda Tertular Corona

kegiatan membuat tertular corona

PrimaBerita –  Pandemi covid-19 masih terus meningkat, banyak hal yang perlu anda lakukan untuk memutus penyebarannya. Mulai dari rajin mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak. Namun perlu anda ketahui, ada beberapa kegiatan yang bisa membuat anda tertular virus corona.

Meskipun telah mematuhi protokol kesehatan, masih ada titik lengah yang kerap terabaikan oleh orang-orang.  Mengutip laman Satgas Perubahan Perilaku ada beberapa titik lengah pada lingkungan rumah dan aktivitas sehari-hari yang berisiko meningkatkan penyebaran virus corona.

Berikut kegiatan yang Bisa Membuat Anda Tertular Corona :

1. Mengundang orang lain makan bersama yang tidak serumah

Saat anda mengundang orang lain yang tidak serumah dengan anda untuk makan bersaama, anda berisiko tertulah virus corona, karena orang yang anda undang tidak anda ketahui pasti telah bertemu dengan siapa, apakah protokol kesehatan selalu ia terapkan dan lain sebagainya.

2. Menginap di rumah teman atau kerabat

Saat memutuskan untuk menginap dalam rumah teman ataupun kerabt anda, kemungkin risiko terinfeksi ada, pasalnya anda tidak mengetahui rumah tersebut telah steril atau aman dari virus.

3. Memanggil tukang service ke rumah

Tukang service rumah bisa saja telah berkunjung ke rumah orang lain yang mungkin terpapar covid-19. Hal ini membuat anda berisiko apalagi jika kondisi kesehatan anda sedang tidak baik akan lebih mudah untuk terinfeksi.

4. Memanggil tukang pijat ke rumah

Tukang pijat bisa saja telha menyentuh beberapa orang yang memiliki gejala namun tidak memeriksakannya ke dokter. Ini akan berbahaya bagi anda karena bersentuhan langsung dengan tukang pijatnya.

5. Membiarkan anak bermain dengan teman-temannya

Selama masa pandemi sebaiknya biarkan anak anda dalam rumah untuk keamanan dan kesehatannya. Anak rentan terkena paparan virus karena sistem kekebalan tubuhnya masih terlalu lemah.

6. Mengadakan kumpul keluarga atau arisan

Saat sekarang ini, ada baiknya untuk tidak kumpul dengan keluarga atau arisan karena berkumpul bisa saja menyebarkan virus dari satu ke yang lain.

9. Pergi ke pasar atau tukang sayur

Yang paling utama adalah menghindari kerumunan, pasalnya tempat yang ramai speerti pasar atau tukang sayur sangat berdampak mneyebarkan virus.

Berikut titik lengah penerapan protokol kesehatan pada aktivitas sehari hari:

1. Olahraga bersama teman
2. Memakai fasilitas bersama di ruang tertutup tanpa ventilasi dengan durasi di atas 1 jam
3. Makan di restoran
4. Asrama
5. Pergi ke mal
6. Berbagi alat pribadi bersama

Add a Comment