Biar Tak Menyesal, Ketahui Tips Membeli Motor Sport Bekas yang Aman

tips membeli motor bekas

PrimaBerita – Untuk mendapatkan motor impian dengan harga yang lebih terjangkau bisa anda lakukan dengan membeli motor bekas. Namun anda harus mengetahui beberapa agar tidak menyesal. Mengetahui tips membeli motore sport bekas yang aman sangat penting agar mendapatkan motor yang layak untuk anda pakai.

Melansir Federal Oil, setidaknya ada lima bagian yang harus diperiksa saat hendak membeli motor sport bekas.

Berikut Tips Membeli Motor Sport Bekas yang Aman

Cek bagian mesinnya

Perhatikan bagian mesinnya, jika anda melihat ada rembesan oli dari blok mesin hal tersebut menandakan karet sil sudah tidak berfungsi. Kemudian hal tersebut juga bisa menandakan ada komponen yang lain retal atau pecah.

Jika ada rembesan sebaiknya jangan pilih motor tersebut. Untuk mengetahui mesin masih bagus atau tidaknya bisa menghidupkan motor lalu dengarkan apakah ada bunyi aneh dari mesin atau tidak. Dengarkan sekitar head silinder, jika ada suara mesin yang aneh bisa karena setelah klep yang mulai renggan atau rantai keteng yang sudah mulai kendur.

Kemudian dengarkan pada bagian tengah mesin, jika ada suara anda perlu berhati-hati, kemungkinan komponen pada bearing kruk as sudah renggang atau stang pistonya mulai kena.

Cek Jarak Tempuh

Anda bisa melihat spido meter dari STNKnya lalu hitung jarak tempuh yang tertera pada spido meternya. Jika motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh yang ada pada spido meter hanya puluhan ribu patut anda curgai.

Apabila motor benar-benar sehat, biasanya panel meter, lampu-lampu indikator masih menyala normal, seperti penunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh.

Cek Kelistrikan Motor

Kelistrikan motor sangat penting untuk sepeda motor. Jika kelistrikan tidak bagus, bisa-bisa anda bisa mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikannya.

Perikasa semua mulai dari lampu-lampu baik lampu belakang, lampu depan serta lampu sein apalagi saat ini lampu motor sudah menggunakan LED, jika kelistrikan tidak ada masalah maka lampu LED jarang putus.

Jika lampu sudah bukan LED lagi atau bukan lampu standar, patut waspada.

Lakukan Test Ride

Test ride sangat penting supaya anda benar-benar tahu kualitas motor sport bekas yang akan anda beli. Dengan test ride anda bisa mencoba melakukan perpindahan gigi dan menarik kopling.

Jika anda merasa perpindahan transmisinya sulit atau keras bisa jadi kampas kopling sudah mulai habis.

Cek Bagian Kakinya

Cobalah untuk melewati jalan rusak dan melibas polisi tidur, apakah sok masih dapat meredam dengan normal atau sudah mati (letoy atau malah keras).

Jika sok masih bagus, saat melibas polisi tidur atau jalan bergelombang ia akan stabil, tapi jika ada goyangan kekiri atau kanan biasanya bearing roda sudah tidak bagus.

Add a Comment