Begini Cara Menyembuhkan Gondok Secara Alami

cara menyembuhkan gondok

PrimaBerita – Penyakit  gondok tentu tidak asing lagi, penyakit ini menimbulkan benjolan pada leher karena kelenjar tiroid yang membesar. Ketahui cara menyembuhkan gondok secara alami karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja.

Kelenjar tiroid sendiri memiliki fungsi vital bagi tubuh, mulai dari mengatur denyut jantung, suhu tubuh hingga kekuatan otot. Penyebabnya pun beragam namun umumnya karena kekurangan yodium.

Kelenjar tiroid memerlukan yodium untuk memproduksi hormon tiroid. Ketika tubuh kekurangan yodium, maka kelenjar tiroid harus bekerja ekstra sehingga membesar.

Berikut cara menyembuhkan gondok secara alami  :

Konsumsi Cukup Yodium

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak yodium mampu memperkecil gondok atau pembengkakan pada kelenjar tiroid.

Cara paling simpel mendapatkan yodium lewat garam meja. Namun, perhatikan asupannya, jangan sampai berlebihan. Asupan garam yang tinggi bisa memicu berbagai keluhan, salah satunya hipertensi. Selain garam meja, kamu bisa mendapatkan asupan yodium lewat ikan, kerang, keju, yoghurt, hingga berbagai sayuran.

Konsumsi Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung beta karoten untuk mengurangi pembengkakan pada kelenjar tiroid, salah satunya pepaya.

Selain beta karoten, ada pula zat ampisilin yang meringankan dan menyembuhkan penyakit gondok. Zat ini banyak terkandung dalam rambutan dan sirsak.

Manfaatkan Bawang Putih

Bawang putih bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Cara menyembuhkan gondok dengan bawang putih simpel saja. Cucilah bawang hingga bersih, lalu kunyah bawang putih sebanyak 3 hingga 4 siung dalam satu hari.

Istirahat yang Cukup

Penyebaran virus penyebab gondongan bisa ditularkan lewat kontak langsung, urine, atau percikan ludah pengidapnya. Oleh karena itu sebaiknya hindari kontak langsung dengan orang lain hingga sembuh.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), istirahat mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menghentikan penyebaran virus. Pengidap gondok sebaiknya istirahat dalam rumah kira-kira lima hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

Kompres Leher yang Membengkak

Mengompres leher yang bengkak dengan es atau air dingin dapat membantu menyembuhkan gondok. Cara ini mampu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Mengompres dingin leher yang bengkak juga bisa meredakan peradangan sehingga memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit.

Suhu yang rendah dapat memperlambat aliran darah dan mempersempit pembuluh darah pada lokasi yang terasa sakit. Nah, kondisi ini yang bisa mengurangi zat-zat perangsang peradangan bergerak menuju area yang sakit gondok.

Namun jangan menempelkan es pada kulit karena dapat menyebabkan kulit terasa terbakar, atau kerusakan jaringan kulit. Alternatifnya, rendamlah handuk dalam baskom berisi air dan es batu. Lalu, peraslah handuk tersebut dan kompres area yang terasa sakit.

Hindari Mengonsumsi Makanan Asam

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam. Kandungan acid nyatanya dapat menyebabkan rasa nyeri yang semakin parah pada kelenjar ludah.

Manfaatkan Lidah Buaya

Sensasi dingin dari lidah buaya akan memberikan rasa nyaman pada bagian nyeri. Selain itu, kandungan antibiotik lidah buaya juga membantu gejala nyeri atau pembengkakan lebih mudah untuk teratasi pengidap gondok.

Setelah melakukan beberapa cara tersebut, tidak ada salahnya untuk memastikan area leher dan wajah dalam kondisi nyaman. Jika ingin berbaring, pastikan gunakan alas tidur yang nyaman dan cegah tekanan pada area leher agar rasa nyeri bisa anda hindari. Jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya menghubungi dokter.

Add a Comment