Sudah Pernah? Ini Manfaat Olahraga Bowling

manfaat olahraga bowling

PrimaBerita – Bukan hanya sekedar tren atau seru-seruan, manfaat olahraga bowling ternyata juga bagus untuk kesehatan tubuh. Pun demikian untuk berhasil menjatuhkan semua pin bowling, anda juga tak harus menjadi seorang yang profesional. Hanya saja anda perlu latihan secara rutin atau konsisten.

Seperti yang kita tahu, bowling merupakan sebuah permainan atau olahraga yang menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola khusus tersebut akan digelindingkan untuk menjatuhkan semua target yang disebut pin. Sementara itu pin biasanya berjumlah 10 buah dan susunannya membentuk segitiga.

Nah bila anda tertarik untuk bermain bowling, berikut ini sejumlah manfaat olahraga bowling.

Manfaat Olahraga Bowling

Menurunkan Berat Badan

Bowling membantu seseorang untuk proses penurunan berat badan dengan cara memperlancar metabolisme tubuh. Hal ini karena bowling membutuhkan pergerakan sehingga baik bagus untuk membakar lemak berlebih. Bahkan menurut Mayo Clinic, saat seseorang dewasa dengan bobot 90 kg bermain bowling bisa membakar 275 kalori/jam.

Lihat Juga: Manfaat Zumba Yang Menyehatkan dan Menyenangkan

Menurunkan Resiko Terserang Penyakit

Gaya hidup tidak sehat rentan terserang penyakit. Maka seseorang sebaiknya jangan malas olahraga. Hal ini supaya tubuh tetap aktif bergerak. Dan salah satu olahraga yang bisa anda lakukan yakni bowling. Cobalah untuk bermain bowling setidaknya sekali seminggu secara rutin. Karena bermain bowling bisa menurunkan resiko terkena stroke dan serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah meningkatkan kepadatan tulang, hingga memperlancar sirkulasi.

Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Saat bermain bowling seseorang memang harus fokus untuk mengkoordinasikan tangan dan mata. Namun meski fokus tersebut memancing kewaspadaan dan konsentrasi penuh, olahraga ini dapat menjadi salah satu olahraga pilihan terbaik bagi orang yang ingin mempertajam kemampuan motorik.

Memperkuat Otot

Latihan bowling juga mampu memperkuat dan menjaga otot bagian tubuh bawah maupun atas. Pasalnya dalam bermain bowling anda harus berjalan membawa bola bowling yang cukup berat lalu mengayunkannya ke lintasan target. Dalam proses ini terhadi peregangan otot, sendi tangan, serta ligamen.

Add a Comment