Trik Jitu Membuat Kentang Goreng Renyah Ala Restoran Cepat Saji

kentang goreng restoran cepat saji

PrimaBerita – Restoran cepat saji sering identik dengan menu kentang goreng. Bahkan menu yang satu ini juga kerap disajikan untuk mendampingi menu lainnya, misalnya daging panggang atau bistik, hamburger, maupun hidangan fish and chips. Lebih nikmat lagi bila kentang goreng atau french fries dicocol dengan saus/sambal.

Sajian kentang goreng terbuat dari potongan-potongan kentang dengan menggorengnya ke dalam minyak panas. Biasanya pada menu restoran atau rumah makan, kentang goreng tersaji dengan potongan-potongan tipis memanjang.

Adapun sejarah kentang goreng populer ke seluruh dunia awalnya berkat restoran cepat saji seperti McDonals’s dan Burger King yang menyajikannya sebagai menu pilihan. Pada awal tahun 1950-an, Jack Simplot yang memiliki perusahaan bernama JR Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan-potongan kentang beku yang menyingkat waktu penyiapan makanan. Sehingga berkat perusahaan ini jugalah ekspansi waralaba perusahaan seperti McDonald’s ikut terdorong.

Lantas hingga sekarang sajian kentang goreng kerap menjadi camilan favorit orang banyak. Nah selain membelinya dari restoran cepat saji, saat ini anda sebenarnya sudah bisa membuat sajian kentang goreng sendiri di rumah. Berikut resep mudah membuat kentang goreng renyah ala restoran.

Bahan-bahan yang perlu anda sediakan:

– 3 cangkir minyak kacang atau minyak sayur (sekitar 300 ml)

– 2 sdt garam (sekitar 15 gram)

– 6 buah kentang putih (sekitar 900 gram)

Cara Membuat Kentang Goreng Ala Restoran

  1. Potong-potong kentang berbentuk memanjang lalu cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan pati. Atau anda juga bisa menghilangkan pati kentang dengan cara mencucinya ke dalam air es selama 5 menit.
  2. Setelah itu keringkan kentang secara menyeluruh dan jangan membekukan kentang mentah.
  3. Sebelum menyimpannya ke dalam freezer anda harus menggoreng kentang selama beberapa menit. Atau jangan sampai warna kentang berubah kecokelatan.
  4. Tiriskan minyak lalu masukkan semua kentang goeke dalam kantong tertutup. Bekukan selama beberapa jam.
  5. Jika sudah beku, taburkan garam sebelum anda goreng. Ini bisa membuat kentang menjadi lebih renyah.
  6. Gorenglah semua potongan-potongan kentang anda.
  7. Sajikan bersama saus supaya rasanya semakin mantap.

Add a Comment