Ini 7 Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag

PrimaBerita – Bagi orang yang menderita maag harus menjaga pola makannya karena dapat menyebabkan maag kambuh. Makanan terbaik ini aman untuk dikonsumsi penderita maag.

Mengutip jurnal American Family Physician, maag memberikan rasa sakit atau perasaan tidak nyaman pada bagian tengah atas area perut. Rasa sakit itu mungkin datang dan pergi, tetapi hampir selalu ada.

Beberapa gejala dari maag seperti sakit perut yang menggerogoti atau membakar, kembung, mual (sakit perut), muntah dan bersendawa.

Beberapa faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko maag antara lain: jenis kelamin perempuan, usia yang lebih tua, penggunaan obat pereda nyeri tanpa resep tertentu (seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat menyebabkan masalah perut), merokok, kecemasan atau depresi, sejarah pelecehan fisik atau seksual masa kanak-kanak..

Berikut 7 Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag

1. Brokoli

Brokoli mengandung zat kimia bernama sulforaphane, yang memiliki efek anti bakteri. Tidak hanya itu, brokoli juga dilengkapi zat antikanker. Ini bisa menjadi makanan untuk penderita maag yang aman.

Sulforaphane mampu mengalahkan bakter H. pylori, supaya penyakit maag tidak menyerang lagi. Selain itu, brokoli juga bisa menghindarkan dari penyakit kanker lambung.

2. Jahe

Mengutip Healthline, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala sebagai makanan.

3. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik untuk menghilangkan H. pylori. Sebanyak 86% responden penelitian yang mengonsumsi yogurt menunjukkan keberhasilan dalam menghilangkan bakteri H. pylori, jika anda bandingkan dengan 71% yang tidak mengonsumsinya.

Yogurt memiliki bakteri baik, yang meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri dalam perut.

4. Sereal dan Gandum

Sereal dan gandum sangatlah aman sebagai makanan untuk penderita maag. Sebab, jenis-jenis makanan tersebut tidak memperparah kondisi dan gejala penyakit maag.

Terutama gandum yang berserat tinggi dan tak diproses, seperti beras merah, quinoa, dan oatmeal, yang bisa membantu buang air besar secara teratur.

5. Daging Sapi, Ikan, dan Ayam yang Rendah Lemak

Makanan untuk penderita maag selanjutnya juga termasuk daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan, yang dianggap aman untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita maag. Namun ingat, utamakan yang rendah lemak.

Selain itu, daging yang tidak digoreng, seperti dipanggang atau direbus, sangatlah dianjurkan.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan favorit, karena ini merupakan biji-bijian utuh, dan sumber serat yang sangat baik. Masukkan oatmeal dalam menu makanan sebagai makanan untuk penderita maag.

Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Pilihan serat lainnya termasuk roti gandum dan nasi gandum.

7. Kacang-kacangan, Kandungan Serat yang Tinggi

Sumber protein nabati, merupakan pilihan makanan untuk penderita maag yang sangat baik karena mengandung serat tinggi, terutama untuk anda yang tidak mengonsumsi produk hewani.

Kacang-kacangan aman dikonsumsi bagi penderita maag. anda bisa memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, hingga lentil.

Add a Comment