Tips Membeli HP Secara Online Agar Tak Tertipu

membeli hp secara online

PrimaBerita – Membeli HP secara online saat ini sudah bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Bahkan sudah banyak pula platform market place yang menjual produk HP atau smartphone. Namun meski demikian calon pembeli sebaiknya tetap berhati-hati dalam membeli HP secara online.

Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan agar tidak tertipu saat membeli ponsel dari toko online adalah dengan membelinya dari market place terpercaya. Bila perlu calon pembeli juga harus mengecek seluruh review produk dan pelayanan dari market place tersebut. Agar lebih jelasnya, simak saja rangkuman tips berikut ini.

Tips Membeli HP Secara Online

  • Ketahui Tipe HP

Sebelum memilih penjual HP online, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tipe bagaimana yang anda inginkan. Cek toko online yang menjadi sasaran anda apakah menjual ponsel dengan tipe yang anda inginkan atau tidak.

  • Pilih Penjual Terpercaya

Ini menjadi bagian sangat penting. Anda harus benar-benar bisa memilih penjual yang terpercaya. Anda bisa mencari tahu informasi mengenai hal ini kepada teman maupun melakukan penelusuran dari internet. Saat ini ada banyak market place yang terpercaya dan terkenal yang bisa anda pilih. Sembari itu jangan lupa pula untuk membaca semua review dari pembeli sebelumnya untuk lebih meyakinkan anda.

  • Buat Perbandingan Harga

Pembeli tentu menginginkan harga barang yang lebih murah termasuk dalam urusan membeli HP baru. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk membuat perbandingan harga dari satu toko online dengan toko online terpercaya lainnya. Usahakan jangan terlalu mudah tergiur dengan harga HP yang sangat murah dari harga pasaran.

  • Cek Deskripsi Barang yang Tertera

Sebelum melakukan transaksi pembayaran, anda juga harus cermat membaca deskripsi barang tersebut terlebih dahulu. Biasanya deskripsi berupa keterangan mengenai spesifikasi HP, kelengkapan produk, hingga metode pengiriman.

  • Pastikan Bergaransi Resmi

Garansi itu perlu sekalipun kita tidak pernah menginginkan kerusakaan. Maka untuk tips selanjutnya anda perlu memastikan bahwa garansi HP masih berlaku dan terdaftar pada service center resmi.

  • Pastikan Kontak Penjual Jelas

Saat membeli HP secara online, kontak penjual HP harus jelas. Pastikan bahwa anda bisa menghubungi kontak penjual dengan baik dan membalas pesan dari calon pembeli.

  • Gunakan Internet Pribadi Ketika Bertransaksi

Waspada ketika melakukan transaksi secara online, apalagi jika anda menggunakan internet publik seperti wifi cafe atau mall. Karena para hacker bisa saja memanfaatkan jaringan wifi tempat umum untuk melakukan pencurian data.

Add a Comment