Makanan yang Buruk Untuk Gigi Selain Permen, Hindari Segera

makanan buruk untuk gigi

PrimaBerita – Selain permen atau soda, ada makanan yang buruk untuk gigi yang harus anda hindari segera. Daftar makanan yang tidak baik untuk gigi ini terbagi ke dalam dua kategori: makanan yang bersifat asam dan yang menempel pada gigi.

Menurut American Dental Association, keduanya dapat merusak enamel gigi pelindung Anda, yang membuat Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang dan infeksi. Itu juga bisa membuat gigi Anda tampak lebih kuning dan terasa lebih sensitif.

Berikut Makanan yang Buruk Untuk Gigi Selain Permen :

Beberapa salad dressing

Jika Anda melengkapi sayuran dengan saus yang mengandung asam, berhati-hatilah dengan gigi Anda. Asam mentah dapat merusak enamel. Dan kebanyakan dressing yang bagus mengandung semacam asam, seperti jus lemon segar atau cuka.

Cara mengatasinya: Duduk dan makan salad Anda dengan penuh perhatian daripada memakannya selama satu jam sembari melakukan pekerjaan. Setelah Anda selesai, bilas mulut dengan air.

Kerupuk, keripik, dan makanan karbohidrat

Kelompok ini merupakan bagian dari makanan yang menempel pada gigi Anda. Makanan ini mungkin enak, tapi juga salah satu makanan yang tidak baik untuk gigi.

“Karbohidrat yang menempel pada gigi Anda dan terurai menjadi gula. Hasilnya adalah pesta bakteri di mulut Anda yang menyebabkan gigi berlubang,” kata Patel, sebagaimana mengutip dari LiveStrong. Itulah alasan makanan lengket tinggi gula seperti permen dan kue juga bisa berpengaruh buruk pada gigi Anda.

Cara mengatasinya: Batasi jenis makanan ini, atau pastikan untuk membilas atau menyikat setelah memakannya.

Makanan yang menyebabkan asam lambung naik

Peningkatan asam lambung tidak baik untuk gigi Anda karena bisa memicu paparan berulang terhadap asam lambung yang meluap ke mulut.

Dalam satu studi Oktober 2017,  BMC Gastroenterology, 60 persen orang yang mengalami erosi gigi juga mengalami gastroesophageal reflux (GERD).

Namun, penelitian ini menyimpulkan bahwa pengobatan GERD dapat menghentikan kerusakan email atau lapisan luar gigi.

Cara mengatasinya: Yang terbaik adalah menentukan makanan apa saja yang memicu gejala Anda. Ini akan berbeda untuk setiap orang, tetapi menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), berikut ini adalah penyebab umum:

  • Makanan asam seperti jeruk dan tomat
  • Alkohol
  • Cokelat
  • Kopi dan makanan serta minuman lain yang mengandung kafein
  • Makanan tinggi lemak
  • Daun mint
  • Makanan pedas

Add a Comment