Cara Menjaga Kesehatan Otak Agar Berfungsi Optimal

Menjaga Kesehatan Otak Agar Berfungsi Optimal

PrimaBeritaOtak adalah bagian penting organ tubuh, untuk itu menjaga kesehatan otak agar tetap berfungsi optimal sangat penting agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik pula. Otak berfungsi menerima dan menerjemahkan sekaligus.

Faktanya, otak tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu penuaan. Makin bertambah usia seseorang, makin menurun kemampuan otak.

Banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berefek buruk bagi kesehatan otak, sekaligus memengaruhi kemampuan otak.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan otak agar berfungsi optimal.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi otak

Lindungi otak dari kerusakan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan.

Cukupi juga kebutuhan asam lemak omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak. Konsumsilah sayuran berdaun hijau, sereal dan biji-bijian utuh.

  • Berhenti merokok

Merokok membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, rentan mengalami penipisan. Untuk itu, segeralah berhenti merokok.

Korteks merupakan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, mengingat, bahasa, dan persepsi. Selain itu, rokok juga bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit terkait otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan demensia.

  • Olahraga teratur

Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Pertumbuhan sel baru dan hubungan antarsaraf dalam otak juga akan lebih optimal dengan olahraga teratur.

  • Perhatikan kolesterol

Melimpahnya kolesterol buruk akan membuat seseorang lebih mudah mengalami demensia. Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya sumbatan dalam pembuluh darah otak, sehingga suplai oksigen ke otak berkurang.

Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasinya, dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, melihat atau bergerak, tergantung bagian otak mana yang diserang.

  • Istirahat atau tidur yang cukup

Tidur yang cukup setiap hari berperan penting dalam fungsi otak kita, seperti membantu memperkuat dan melindungi memori, membuat kita fokus, juga meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan masalah.

Sebenarnya otak memiliki banyak perlindungan, dengan adanya tulang tengkorak yang keras, jaringan berupa selaput keras yang disebut meninges, hingga bantalan berupa cairan otak dalam meninges. Meski demikian, otak tetap bisa mengalami kerusakan, berisiko terkena penyakit, bahkan mengalami penurunan fungsi. Maka dari itu, jagalah kesehatan otak sebisa mungkin agar kualitas hidup kita tetap maksimal

 

Add a Comment