Cara Menggoreng Telur Tanpa Minyak, Mudah dan Lebih Sehat

cara menggoreng telur tanpa minyak

PrimaBerita – Saat menggoreng telur sebagai menu makanan dalam rumah, tentu anda akan menggunakan minyak goreng atau margarine sebagai sumber lemak namun bisa jadi kurang sehat. Unutk itu, anda perlu mengetahui cara menggoreng telur tanpa minyak, mudah dan lebih sehat.

Sserapan lemak pada makanan akan menambah jumlah kalori anda. Melansir dari Health Line (8/1) ada beberapa dampak negatif pada tubuh yang penyebabnya adalah karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengolahnya melalui penggorengan.

Seperti menyebabkan sakit perut dan diare, menyebabkan obesitas, risiko penyakit jantung dan stroke, menimbulkan jerawat pada wajah, hingga merusak fungsi otak.

Berikut Cara Menggoreng Telur Tanpa Minyak :

Menggunakan daun pisang

  1. Panaskan wajan di atas kompor.
  2. Setelah itu, letakkan selembar daun pisang dia atas wajan
  3. Lalu tuang telur yang sudah anda kocok di atas daun pisangย  dalam wajan.
  4. Masak hingga kedua sisi matang.
  5. Gunakan selembar daun pisang lain untuk membalik sisi telur.

Memakai Wajan Antilengket

Lapisan antilengket wajan membuat bahan makanan tidak melekat pada permukaan wajan. Wajan anti lengket atau yang berlapisan teflon dapat memasak tanpa menggunakan minyak tambahan.

Caranya mudah, cukup panaskan wajan pada kompor, setelah itu tuangkan telur dan masak hingga matang.

Menggunakan oven biasa atau microwave

Telur yang anda masak dengan oven microwave pada dasarnya bukan telur goreng, tetapi secara tampilan dan rasa mirip telur goreng. Caranya pecahkan telur dalam mangkuk. Kemudian masukkan mangkuk ke dalam oven microwave dan panaskan selama 40 detik.

Pastikan untuk menggunakan suhu yang sedang. Tinggi suhu sesuaikan dengan jenis oven microwave yang anda gunakan karena tiap merek berbeda. Jika punya oven gas atau listrik anda bisa memasak telur dalam oven ini.

Pecahkan telur dalam mangkuk, cetakan muffin atau wadah tanah panas yang berlapisan antilengket. Panggang dalam suhu 180 C selama 8-10 menit, sesuai tingkat kematangan yang anda inginkan. Keluarkan dari oven dan sajikan hangat dengan saus favorit

Add a Comment