Berbagai Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

PrimaBerita – Demensia adalah sebuah istilah yang menjelaskan penurunan fungsional karena adanya kelainan yang terjadi pada otak, untuk itu penting mencari tahu cara mencegah demensia. Demensia juga bisa kita sebut sebagai kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang menjadi penyertanya. Sehingga beberapa bentuk demensia dapat mengubah kepribadian dari pasien atau si pengidap.

Penyakit demensia ini umum terjadi pada orangtua lansia (lanjut usia). Sayangnya demensia juga tidak bisa kita cegah secara keseluruhan. Namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan terkait menurunkan resiko terkena demensia. Berikut hal-hal sebagai upaya cara mencegah demensia sedari awal.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

  • Aktif Secara Fisik

Aktif secara fisik nyatanya bisa mengurangi resiko demensia. Sebuah terbitan dari Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat memperlambat atrofi hipokampus. Ini adalah bagian otak yang mengontrol memori.

  • Terapkan Pola Makan Seimbang

Pola makan yang baik dan seimbang memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu diet sehat juga dapat menurunkan resiko kondisi pemicu demensia. Untuk mendukung program ini anda bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti sayur mayur, buah, biji-bijian, umbi, kacang-kacangan, ikan, hingga daging tanpa lemak.

  • Jauhi Rokok

Bagi anda perokok sebaiknya jauhilah rokok guna mencegah demensia. Sebuah studi dalam BMJ Geriatrics menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko demensia terutama bagi lansia 65 tahun ke atas. Ini karena aktivitas merokok bisa memengaruhi sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Termasuk juga ke pembuluh darah otak. Jika kesulitan untuk berhenti merokok maka anda bisa mengunyah aneka camilan sehat dan berkonsultasi dengan dokter.

  • Jaga Selalu Kesehatan Mental

Menjaga selalu kesehatan mental bisa menjadi upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah demensia. Menurut keterangan dari National Health Service, demensia dan depresi bahkan mempunyai hubungan yang rumit. Depresi juga bisa menjadi gejala dari demensia itu sendiri.

Jadi pastikanlah bahwa anda selalu menjaga suasana hati tetap positif. Bila anda sedang memiliki masalah atau sedang terundung suasana hati yang buruk, anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi atau perawatan yang anda butuhkan. karena apapun itu bisa berpotensi untuk terlibat dalam aktivitas yang merangsang mental.

Add a Comment