Benarkah Kucing Bisa Bikin Perempuan Susah Hamil? Simak Fakta Medisnya

kucing bisa bikin perempuan hamil

PrimaBerita – Benarkah kucing bisa bikin perempuan susah hamil? HIngga sejauh ini kucing termasuk salah satu hewan timangan yang banyak difavoritkan oleh orang-orang. Karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan sehingga hewan ini pun sering kalidianggap bisa sebagai teman manusia. Selain itu hewan peliharaan kucing juga mampu melakukan banyak hal yang sudah kita latih sebelumnya.

Namun dari balik kebahagiaan memelihara hewan kucing, sering kali beredar informasi mengenai kucing bisa bikin perempuan susah hamil. Benarkah demikian? Yuk langsung saja ketahui jawabannya dari rangkuman berikut ini.

Kucing Bisa Jadi Inang dari Parasit Toxoplasma Gondii

Sebuah buku berjudul Medical Microbiology edisi ke-4 (1996), toxoplasma gondii ialah parasit yang hanya dapat berkembangbiak secara seksual pada hewan kucing. Toxoplasma gondii juga memiliki istilah lain yakni inang definitif. Tak hanya itu parasit itu juga mempunyai inang perantara lainnya. Lantas parasit itulah yang dalam masyarakat sering disebut-sebut sebagai penyebab susah hamil atau kemandulan.

Parasit Toxoplasma Pada Kucing Dapat Menular ke Manusia

Kucing yang sudah terinfeksi parasit toxoplasma dapat menular ke tubuh manusia secara mudah melalui feses yang tidak terbersihkan sampai benar-benar bersih. Proses penularannya pun dapat terjadi ketika si pemilik menyentuh hewan peliharaannya lalu menyetuh makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Parasit Toxoplasma Dapat Mengganggu Sistem Reproduksi Manusia dan Janin

Sebuah laporan dalam jurnal Jundishapur Journal of Microbiology tahun 2013, ada ketertarikan antara kemandulan pada pria dan infeksi toxoplasma. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa infeksi toxoplasma mengurangi kemandulan.

Sementara berdasarkan laporan Clinical Microbiology and Infection tahun 2002, perempuan yang terinfeksi toxoplasma saat sedang hamil dapat menularkannya ke janin. Jika tertular maka anak nantinya bisa mengalami gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Parasit Toxoplasma Dapat Ditularkan Lewat Media Lain

Berdasarkan buku Foodborne Parasites tahun 2018, parasit toxoplasma tidak hanya menginfeksi kucing tetapi juga bisa menginfeksi hewan berdarah panas lainnya seperti ayam dan babi. Nah jika daging ini sudah terinfeksi dan tidak matang sempurna maka kemungkinan parasit toxoplasma akan menginfeksi tubuh manusia.

Add a Comment