Manfaat Daun Pucuk Merah, Melawan Pertumbuhahan Sel Kanker

Manfaat Daun Pucuk Merah

PrimaBerita – Daun pucuk merah ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias.  Hal ini karena daun pucuk merah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Pucuk merah (Syzygium oleana) merupakan tanaman dengan ciri khas daun yang pucuknya selalu berwarna merah. Daun pucuk yang berwarna merah ini mengandung banyak senyawa alami yang berpotensi untuk anda gunakan sebagai pengobatan herbal. Selain itu, aroma dari pucuk merah membuatnya cocok sebagai teh herbal berkhasiat tinggi.

Pucuk merah kaya akan kandungan senyawa bioaktif yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Berbagai jenis senyawa bioaktif tersebut meliputi fenol, flavonoid, asam betulinat, alkaloid, triterpenoid, steroid, dan saponin.

Berikut Manfaat Daun Pucuk Merah untuk Kesehata n

Melawan pertumbuhan sel kanker

Senyawa asam betulinat dan triterpenat yang terkandung dalam ekstrak pucuk merah dapat membantu membunuh sel kanker sekaligus menghambat penyebarannya, khususnya sel kanker payudara. Meski demikian, khasiat ini masih perlu untuk anda teliti lebih lanjut.

Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Pucuk merah kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih. Kerusakan ini bisa terjadi di mana saja, termasuk organ dan sel-sel imun, sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bisa menurun.

Kerusakan oksidatif juga bisa terjadi pada berbagai organ tubuh dan menyebabkan terganggunya metabolisme, sistem peredaran darah, hingga regenerasi sel. Hal tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Mengatasi gejala irritable bowel syndrome

Asam betulinat pada ekstrak pucuk merah juga diketahui memiliki aktivitas antidiare dan antispasmodik yang baik dengan membantu merelaksasikan otot di dinding usus. Khasiat ini akan sangat berguna untuk meredakan keluhan kram perut dan diare yang sering terjadi pada penderita irritable bowel syndrome.

Mencegah penyakit bawaan makanan

Kandungan senyawa antimikroba dalam pucuk merah juga mampu melindungi tubuh Anda dari keracunan makanan akibat kontaminasi bakteri. Riset yang menunjukkan bahwa senyawa dalam tanaman ini efektif membunuh bakteri Salmonella dan E. Coli mendukung manfaat dari daun tanaman hias ini.

Menurunkan kadar gula darah

Sebuah riset menunjukkan bahwa pucuk merah dapat anda manfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Khasiat ini berasal dari senyawa aktif steroid dan terpenoid yang ada dalam ekstrak pucuk merah. Meski demikian, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja manfaat pucuk merah bagi kesehatan tubuh. Meski khasiatnya dalam pengobatan belum begitu valid, Anda bisa memanfaatkan pucuk merah sebagai teh herbal untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan.

Namun, bila memiliki kondisi tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi pucuk merah. Hal ini penting untuk memastikan keamanannya.

Add a Comment