Ini Alasan Kenapa Lansia Penting Untuk Melakukan Vaksin Covid-19

alasan lansia penting vaksin

PrimaBerita – Pada tahap kedua di Indoneisa, lansia masuk ke dalam kelompok orang yang mendapatkan prioritas untuk vaksinasi covid-19. Ada beberapa alasan kenapa lansia penting untuk melakukan vaksin covid-19 ini.

Berikut Alasan Kenapa Lansia Penting Untuk Melakukan Vaksin Covid-19

Ahli Geriatri Profesor Siti Setiati menjelaskan lansia merupakan orang yang rentan tertular infeksi covid-19 daripada kelompok umur lainnya. Data global menunjukkan lebih dari 10,7 juta kasus covid-19 terjadi pada lansia.

Covid-19 yang menyerang lansia juga berisiko menjadi parah dan mengakibatkan kematian. Sebanyak 48,3 persen kasus meninggal dunia karena covid-19 terjadi pada lansia.

“Lansia berisiko tertular dan kalau tertular, sangat berisiko mengalami kondisi yang berat. Bahkan, sampai kematian. Ini karena penuaan melemahkan sistem imun,” kata Siti dalam webinar Entrasol, Minggu (7/3).

Ia juga menjelaskan sistem imunitas orang berusia 60 tahun ke atas melemah seiring penuaan yang terjadi pada tubuh, sehingga meningkatkan inflamasi atau peradangan.

Peradangan menyebabkan pertahanan tubuh tidak lagi sensitif terhadap patogen.

Selain penuaan, penyakit penyerta, seperti hipertensi dan diabetes yang umumnya banyak terjadi pada lansia juga ikut membuat daya tahan tubuh melemah.

Oleh karena itu, lansia menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin covid-19. Namun, perlu anda ketahui, tidak semua lansia bisa melakukan vaksin. Pasalnya, kondisi tertentu mempengaruhi keefektifan vaksinasi pada lansia.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi keefektifan vaksinasi pada lansia :

  1. Usia yang sangat lanjut yang menyebabkan perubahan fungsi organ dan sistem imun
  2. Penyakit penyerta yang tidak terkontrol
  3. Konsumsi banyak obat
  4. Malnutrisi, baik kekurangan maupun kelebihan nutrisi
  5. Aktivitas fisik yang rendah

Lansia yang boleh mendapatkan vaksin adalah lansia yang memenuhi sejumlah ketentuan.

Berikut ketentuan lansia yang bisa mendapatkan vaksin covid-19 :

  • Suhu maksimal 37,5 derajat C
  • Tekanan darah kecil sama 180/100 mmHg
  • Tidak sedang sakit
  • Tidak memiliki penyakit akut yang tidak terkontrol
  • Lolos skrining kerentanan khusus untuk lansia melalui kuesioner Rapuh.

Diketahui, vaksinasi COVID-19 tahap kedua telah berlangsung , dengan target penerima vaksin yang menyasar petugas pelayanan publik dan warga lanjut usia (lansia). Kini lansia bisa langsung ke fasilitas kesehatan terdekat atau RS-Puskesmas. Untuk untuk menerima suntikan dosis vaksin virus corona (SARS-CoV-2) tanpa harus menunggu SMS masuk.

Add a Comment