5 Bahan Herbal Untuk Membantu Meredakan Asam Urat

bahan herbal untuk asam urat

PrimaBerita – Untuk membantu meredakan asam urat anda bisa memanfaatkan bahan herbal yang ada di dapur anda. Sebab bahan herbal sudah terbukti bisa meringankan gejala penyakit hingga menyembuhkannya.

Sementara itu asam urat adalah suatu penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa. Melansir dari wikipedia, pada manusia asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina. Sebab tidak ada enzim urikase yang mengonversi asam urat menjadi alantoin. Lantas kadar asam urat yang berlebihan dapat menimbulkan batu ginjal atau bahkan menimbulkan pirai pada bagian persendian.

Nah untuk menangani asam urat, pasien memang perlu bantuan medis atau dokter. Akan tetapi pasien bisa juga mencoba menggunakan bahan herbal yang bisa mendukung pengobatan dari dokter dalam meredakan atau mengatasi asam urat. Apa saja bahan herbal tersebut, simak saja rangkuman berikut ini.

Bahan Herbal Untuk Meredakan Asam Urat

a. Jahe

Jahe merupakan rempah andalan yang terkenal memiliki sifat yang membantu memperbaiki kondisi peradangan. Bahkan kemampuan jahe ini sudah terbukti. Untuk penyakit asam urat, seseorang bisa mengonsumsi jahe yang berbentuk pasta dari rebusan air dan 1 sdm jahe parut.

b. Seledri

Seledri secara tradisional dipercaya bisa berguna untuk mengatasi masalah saluran kencing dan asam urat, meski penelitiannya masih sedikit. Hal ini karena belum jelas berapa jumlah seledri yang perlu untuk mengobati asam urat. Namun bagi anda yang ingin mencoba bisa mengonsumsi seledri.

c. Dandelion

Teh atau ekstrak dandelion bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan hati. Studi dalam journal of advanced pharmacy education & research yang menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitian menunjukkan bahwa dandelion mungkin bisa menurunkan asam urat.

d. Teh Jelatang

Obat herbal yang satu ini bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri asam urat secara tradisional.

e. Bunga Kembang Sepatu

Tanaman ini merupakan sejenis bunga taman yang ketika mekar menimbulkan keindahan. Tak hanya itu bunga kembang sepatu juga bisa sebagai obat tradisional untuk mengobati asam urat. Bahkan suatu penelitian terhadap tikus dalam sebuah jurnal menyebut bahwa kembang sepatu bisa menurunkan kadar asam urat. Untuk ini anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen maupun dalam bentuk teh.

Add a Comment