Tips Cermat Saat Akan Membeli Barang Bekas

tips membeli barang bekas

PrimaBerita – Membeli barang bekas yang masih layak pakai menjadi sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal tersebut lantaran barang bekas memiliki harga miring, bahkan hingga setengah harga dari harga aslinya. Tapi perlu anda ketahui bahwa pada kenyataannya kegiatan membeli barang-barang bekas tidak selamanya terkesan buruk.

Berbagai produk/barang sebenarnya bisa dibeli dalam keadaan bekas atau setengah pakai. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga pakaian. Bahkan saat ini minat masyarakat cukup tinggi dalam membeli kendaraan bekas seperti sepeda motor dan mobil. Meski demikian tak ada salahnya bagi anda memperhatikan tips ketika hendak membeli barang-barang bekas pakai.

Tips Membeli Barang Bekas

Membeli dari Orang yang Dikenal

Tips yang pertama adalah membeli dari orang yang anda kenal. Membeli dari orang yang anda kenal merupakan tindakan yang tepat untuk menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan. Misalnya membeli dari teman maupun kerabat. Karena dengan mengenal penjualnya biasanya kualitas barang menjadi lebih transparan. Selain itu anda juga lebih mudah memastikan harga yang pas.

Pahami Bagian yang Akan Anda Beli

Namanya barang bekas, sudah pasti performanya tidak semaksimal barang baru yang masih bersegel. Untuk itu demi menghindari kerugian yang maksimal saat membeli produk bekas pakai, ada baiknya pahami dulu seluk beluk barang bekas yang akan anda beli. Cek secara pasti dan mendetail, apakah masih memungkinkan untuk anda pakai dengan baik selama jangka waktu tertentu.

Proses Tawar Menawar dengan Tepat

Urusan tawar menawar biasanya ahlinya para ibu rumah tangga. Dalam hal ini ketika hendak membeli produk bekas sebenarnya sama saja dengan membeli produk baru. Oleh karena itu pandailah menawar suatu produk dengan tepat. Tapi ketika hendak menawar ada baiknya menyampaikannya secara lembut, dengan demikian anda dan penjual akan dapat memastikan bahwa barang sudah sesuai dengan kualitas.

Ambil Metode Pembayaran COD Jika Memungkinkan

Jika memungkinkan, pilih saja metode COD (Cash On Delivery) untuk proses pembayaran barang apabila anda membeli barang/produk tersebut secara online. Karena bagaimanapun metode COD akan meminimalisir kemungkinan tertipu. COD memungkinkan penerima untuk memeriksa terlebih dahulu barang yang dipesan sebelum transaksi pembayaran.

Add a Comment