Tanaman Hias Cantik Ini Ternyata Sulit Dirawat

tanaman hias sulit dirawat

PrimaBerita – Semua orang tentu memiliki hobi masing-masing, ada yang suka traveling, memelihara hewan peliharaan hingga merawat tanaman salah satunya yang lagi populer saat ini adalah tanaman hias. Ternyata ada  tanaman hias cantik yang sulit dirawat.

Mengutip penuturan pakar tanaman hias Melinda Myers dari laman Real Simple, terdapat sejumlah penyebab yang membuat tanaman hias menjadi rumit perawatannya.

Faktor tersebut meliputi lingkungan tempat tanaman hias tumbuh yang kurang tepat, pencahayaan tidak memadai atau terlalu terang, serta kelembapan lingkungan.

Berikut Tanaman Hias Cantik yang Ternyata Sulit Dirawat

Peace Lily

Tanaman hias berdaun cantik, peace lily atau Spathiphyllum juga termasuk tanaman yang banyak peminatnya.

Menurut Myers, peach lily menjadi salah satu tanaman hias yang sulit untuk anda rawat karena cukup sensitif apabila terkena cahaya matahari dan mudah layu apabila tidak sering anda siram air.

Ketapang Biola

Ketapang biola merupakan tanaman yang sangat populer, dengan nama latinficus lyratadan berasal dari Afrika. Karakteristik dari ketapang biola ini memiliki daun kaku serta lebar.

Myers menyebut bahwa ketapang biola termasuk ke dalam jenis tanaman yang cukup rumit untuk anda rawat, karena menyukai suhu udara dan tanah lembap, tapi tidak boleh terlalu sering anda siram.

Cemara Norfolk

Cemara Norfolk atau Araucaria heterophylla,yaitu tanaman berbulu halus yang banyak pemburu tanaman hias cari karena mempunyai cabang unik dengan ukuran daun kecil.

Selain mempunyai ciri unik, cemara Norfolk sangat menyukai cahaya tinggi dan suhu lembap. Jadi, akan sulit untuk anda rawat jika memasuki musim hujan atau dingin karena bisa membuatnya mati.

Gardenia

Mempunyai ciri berdaun hijau cerah serta aroma khas, tanaman hias gardenia ini ternyata cukup sulit untuk dirawat. Bahkan sangat rentan terhadap hama atau kutu.

Menurut Myers, gardenia suka cahaya terang dan kondisi tanah asam. Tapi saat musim hujan, yang mana kelembapan serta cahaya menurun, gardenia bisa terhambat pertumbuhannya.

Madagascar Dragon Tree

Dracaena marginata yang biasa disebut pohon dracaena, merupakan tanaman populer untuk dijadikan interior karena berukuran tinggi.

Sayangnya, pohon dracaena cukup ringkih perawatannya karena tidak suka sinar matahari langsung yang bisa membakar daun, serta membutuhkan media tanah dan udara yang lembap.

Croton

Ada juga tanaman hias croton atau puring, dengan corak daun warna-warni seperti oranye, kuning serta merah.

Namun kenyataannya, tanaman puring cukup sensitif terhadap cahaya redup juga angin. Bahkan ketika anda pindahkan ke tempat lain, daunnya cenderung mudah rontok dan tidak berkilau.

Baby’s Tears

Tanaman baby’s tears memiliki ukuran yang cocok sebagai dekorasi atau tanaman gantung. Tapi, meletakkan dalam ruangan ternyata bisa menghambat pertumbuhannya.

Tidak hanya itu, baby’s tears termasuk jenis tanaman hias yang sulit untuk anda rawat, karena cukup rumit untuk menjaga kondisi tanahnya supaya terus lembap, namun jangan terlalu basah.

Add a Comment