Takut Untuk Vaksin? Ketahui Dulu Cara Kerja Vaksin Mencegah Virus

cara kerja vaksin

PrimaBerita – Banyak hal yang berubah pada seluruh masyarakat dalam dunia akibat pandemi Covid-19. Indonesia juga termasuk negara yang mengalami realita kehidupan yang berbedan Untuk itu para pemerintah fokus menyerang ancama virus mematikan ini. Dengan cara mendistribusikan vaksin yang telah para ahli produksi kan. Namun masih ada masyarakat yang takut untuk vaksin. Untuk itu ketahui dahulu cara kerja vaksin dalam mencegah infeksi virus corona.

Berikut Cara kerja vaksin untukĀ  mencegah virus

Melansir dari WHO, vaksin merupakan zat untuk seseorang atau hewan dengan tujuan untuk melindunginya dari patogen tertentu, baik itu bakteri, virus, atau mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit.

Vaksin mendorong respons imun dalam tubuh yang menghasilkan antibodi, yaitu protein yang bekerja untuk melawan patogen tertentu.

Tujuan pemberian vaksin adalah mendorong tubuh untuk membuat antibodi khusus untuk patogen tertentu, yang selanjutnya akan mencegah infeksi atau penyakit.

Dalam hal ini, vaksin bekerja dengan membuat infeksi dalam skala kecil yang tidak menyebabkan penyakit yang sebenarnya. Proses serupa memang terjadi ketika tubuh menghadapi patogen yang sebenarnya, tetapi vaksin menghindarkan individu dari bahaya penyakit.

Vaksin dapat dibuat dari salah satu dari berbagai sumber, seperti bakteri atau virus yang dimatikan atau dilemahkan, protein atau gula dari patogen, atau pengganti sintetis. Agar vaksin dapat melakukan tugasnya, ada beberapa hal yang perlu anda pastikan:

Vaksin perlu merangsang produksi antibodi.
Antibodi harus memiliki aviditas (ketertarikan pada patogen tertentu).

Antibodi tidak akan bekerja jika tidak mengikat patogen yang menyerang. Perlindungan vaksin juga mengharuskan tubuh mengenali patogen dan terus membuat antibodi saat tubuh butuhkan atau memori imun. Ketika ini terjadi, tubuh yang divaksinasi siap untuk memproduksi lebih banyak antibodi ini segera, setiap kali tubuh terpapar bakteri atau virus.

Vaksin mengandung bagian yang lemah atau tidak aktif dari organisme tertentu yang memicu respons imun dalam tubuh. Vaksin yang lebih baru berisi blueprint untuk memproduksi antigen daripada antigen itu sendiri.

Terlepas dari apakah vaksin itu terdiri dari antigen itu sendiri atau blueprint sehingga tubuh akan memproduksi antigen, versi yangdilemahkan ini tidak akan menyebabkan penyakit pada orang yang menerima vaksin, tetapi akan mendorong sistem kekebalan mereka untuk merespons sebanyak itu akan terjadi pada reaksi pertamanya terhadap patogen yang sebenarnya.

Add a Comment