Mengalami Perut Kembung? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

makanan perut kembung

PrimaBerita – Saat perut sedang kembung sebaiknya ada makanan yang perlu dihindari dan ada pula makanan yang perlu dimakan. Makanan yang bisa anda makan saat perut kembung tentu agar memberikan efek nyaman bagi perut. Karena bila perut kembung semakin berlarut maka gejala seperti sendawa ataupun buang angina (kentut) dapat semakin merajalela. Untuk itu cobalah pilah makanan anda saat perut kembung.

Makanan Untuk Perut Kembung

  1. Mentimun

Mentimun atau timun sangat mudah untuk kita dapatkan. Lalu apa hubungannya timun dengan perut kembung? Sayuran ini mengandung quercetin (salah satu zat aktif yang bersifat antioksidan). Adapun fungsi quercetin ini akan mengempiskan perut begah dan membengkak. Selain itu asam kafeat dalam mentimun serta nutrisi lainnya dapat mencegah cairan dalam tubuh.

  1. Buah Pisang

Buah pisang juga bisa anda konsumsi saat perut sedang kembung. Pisang dapat membantu anda untuk melawan efek samping kelebihan konsumsi makanan-makanan asin. Maka dengan mengonsumsi buah pisang dapat melancarkan saluran cerna manusia.

  1. Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengurai protein dalam saluran sistem pencernaan manusia. Namun bukan hanya itu saja. Buah ini kaya akan serat dan zat antiperadangan. Ini baik untuk melegakan perut begah.

  1. Yoghurt

Bila anda tidak menemui makanan-makanan tersebut maka anda bisa mengantinya dengan mengonsumsi yoghurt. Yoghurt kaya akan probiotik dalam membantu meredakan perut kembung.

  1. Buah Semangka

Tahukah anda kalaunb f buah semangka ternyata bisa kita konsumsi saat perut sedang terasa kembung? Buah yang banyak mengandung air ini membantu anda mengempiskan perut begah akibat kelebihan cairan maupun gas.

  1. Seledri

Seledri efektif untuk mengendalikan gas berlebih pada saluran cerna termasuk membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Kemudian makanan ini juga bisa mencegah penumpukan makanan dalam perut.

Itulah beberapa makanan, baik berupa buah maupun sayuran, yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi masalah perut kembung. Bila mengalami kondisi lain saat perut kembung maka tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Add a Comment