Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah kedondong

PrimaBerita – Kedondong merupakan jenis buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggan (anacardiaceae) yang berkarakteristik rasa asam dan berkulit tebal, serta memiliki manfaat bagi tubuh. Biasanya buah kedondong sering dijadikan sebagai rujak, manisan/asinan, maupun campuran es buah.

Kedondong merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di negara Indonesia buah berkulit tebal ini sangat mudah ditemui dan cukup sering menjadi menu kudapan sehari-hari. Tentu hal ini tidak terlepas dari nutrisi buah kedondong. Dalam 100 gram buah kedondong terkandung sekitar 40 kalori dengan tambahan nutrisi berikut:

  • 1 gram protein dan serat
  • 12 gram karbohidrat
  • 0,1 gram lemak
  • 65 mg fosfor
  • 230 IU vitamin A
  • 30 mg vitamin C
  • 15 mg kalsium
  • 2,8 mg zat besi

Berkat banyaknya kandungan itulah buah kedondong sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah kedondong yang perlu anda ketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang mengalami masalah kesulitan buang air besar maka cobalah memakan buah kedondong karena mengandung serat pangan. Selain itu buah yang terkenal asam ini juga dapat memadatkan tinja. Masalah sembelit pun dapat teratasi.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi buah kedondong juga menjadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Karena buah ini merupakan sumber vitamin A & C serta antioksidan yang cukup baik. Ketiganya berperan penting dalam memelihara kesehatan dan juga fungsi sel darah putih.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel yang terkenal mengandung vitamin A melainkan kedondong juga demikian. Maka dengan tercukupinya asupan vitamin A maka resiko anda terkena gangguan penglihatan pun menjadi lebih rendah.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang pasti berkeinginan untuk memiliki kulit yang sehat. Namun paparan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari hingga polusi lainnya kadang tidak terelakkan ketika sedang beraktivitas pada luar ruangan. Sehingga hal demikian dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Untuk membantu anda dalam menjaga kesehatan kulit maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah kedondong secara tepat.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Melansir dari Alodokter, kandungan serat buah kedondong diketahui bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah. Bukan hanya itu buah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat mengurangi peradangan hingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan suatu kondisi penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung.

Add a Comment