Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Rendah

cara mengatasi tekanan darah rendah

PrimaBerita – Beberapa tanda atau keluhan akan muncul ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah sebelum menerapkan cara mengatasi tekanan darah yang rendah. Tanda-tanda tersebut dapat berupa sakit kepala, lelah, mual, sesak nafas, hingga penglihatan yang kabur. Bahkan bila semakin dibiarkan maka seseorang bisa mengalami pingsan.

Tekanan darah orang normal adalah 120/80 mmHg. Jadi ketika tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg maka orang tersebut memiliki darah rendah. Adapun yang menjadi penyebab umum seseorang mengalami darah rendah meliputi:

  • Dehidrasi
  • Alergi
  • Kehilangan banyak darah akibat kecelakaan
  • Menderita penyakit tertentu
  • Usia sudah lebih dari 65 tahun

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, seseorang boleh memperhatikan dan melakukan beberapa cara berikut.

1. Memperhatikan Posisi Tubuh

Meski terlihat sepele akan tetapi memperhatikan posisi tubuh menjadi cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Terkait hal ini yang anda lakukan adalah berbaring selama beberapa menit selepas bangun tidur. Kemudian barulah duduk dan berdiri secara perlahan. Selain itu anda juga bisa menyilangkan paha. Anda juga bisa mengangkat kaki secara perlahan agar aliran darah terdorong dari kaki ke jantung.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula juga boleh anda lakukan demi menaikkan tekanan darah. Contohnya adalah gula jagung.

3. Gunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi berguna untuk mencegah darah terkumpul pada bagian pembuluh darah vena kaki. Selain itu berguna juga untuk mengurangi keluhan tekanan darah rendah ketika terjadi perubahan posisi.

4. Cobalah Mengonsumsi Suplemen Herbal

Mengonsumsi suplemen herbal dan beberapa jenis tanaman herbal bisa menjadi pilihan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Beberapa contoh tanaman herbal yang boleh anda pilih untuk konsumsi yaitu lada, jahe, serta kayu manis. Tapi jika ingin mengonsumsi suplemen jangan lupa untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter.

5. Konsumsi Obat Untuk Menaikkan Tekanan Darah

Selain dari cara-cara tersebut, cara lainnya yang boleh anda lakukan yaitu mengonsumsi obat untuk menaikkan tekanan darah. Beberapa jenis obat dari dokter yang biasa bisa mengatasi tekanan darah rendah seperti midodrine (orvaten) dan fludrocortisone. Obat ini bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan tekanan darah.

Add a Comment