Cara Mencegah Karang Gigi yang Perlu Diketahui

cara mencegah karang gigi

PrimaBerita – Karang gigi atau kalkulus merupakan permasalahan gigi yang terjadi karena adanya penumpukan plak. Plak ini sendiri merupakan lapisan dari sisa makanan yang tidak anda bersihkan. Cara mencegah karang gigi ini penting untuk anda

Karang gigi yang tidak anda bersihkan dapat menimbulkan masalah seperti bau mulut, gigi tanggal, radang gusi, ataupun gigi rusak.

Berikut Cara Mencegah Karang Gigi yang Perlu Anda ketahui

Rutin Sikat Gigi

Untuk mencegah penumpukan makanan pada gigi, anda harus rutin menggosok gigi dengan benar minimal 2 kali sehari agar menghindari menempelnya sisa makanan.

Saat menggosok gigi, pastikan semua bagian gigi terjangkau dengan semua dan tidak melewatkan bagian dalam gigi dan mulut. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada gusi dan mulut.

Gunakan Obat Kumur

Bersihkan mulut dengan obat kumur agar membasmi bakteri penyebab karang gigi. Saat memilih obat kumur pilihan yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari iritasi pada gigi dan mulut serta merusak gigi.

Pilihlah yang mengandung minyak esensial yang lebih lembut untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Gunakan Benang Gigi

Anda juga perlu membersihkan gigi dengan menggunakan benang minimal satu kali perhari. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada makanan yang menempel pada sela-sela gigi setelah selesai menggosok gigi.

Kurangi Konsumsi Gula

Bakteri penyebab karang gigi lebih cepat berkembang pada makanan manis seperti permen, cokelat ataupun kue. Oleh karena itu untuk menghindari hal ini kurangi konsumsi makanan manis dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah da sayuran.

Apabila menyukai makanan manis, lebih baik menggosok gigi setelah mengonsumsinya agar bakteri tidak cepat berkembang.

Minum Air Putih yang Cukup

Amda pasti tahu mengonsumsi air putih dengan cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mulut dan gigi. Mengonsumsi air putih dapat membantu mengangkat bakteri dan kotoran penyebab karang gigi.

Tidak hanya itu mengonsumsi air putih dengan cukup juga menghindari anda dari dehidrasi dan juga mulut kering yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan kerusakan gigi.

Add a Comment