Cah Brokoli Tofu, Hidangan Sayur yang Cocok Untuk Makan Siang

cah brokoli tofu

PrimaBerita – Bukan hanya cah kangkung, cah brokoli tofu bisa anda sajikan sebagai menu makan siang keluarga. Tumis atau cah brokoli tofu ini tentunya akan dapat memberikan sensasi yang berbeda ketika disantap. Oleh karena itu hidangan ini sudah tidak perlu anda ragukan lagi.

Masakan cah brokoli campur tofu hanya terdiri dari beberapa bahan saja. Anda bisa membelinya dari pasar tradisional maupun pasar modern. Sementara itu dalam proses membuat masakan, hal yang pertama anda lakukan yaitu menggoreng tofu. Kemudian melakukan menumis sayur brokoli bersama tofu goreng. Dalam hal ini dibutuhkan sekitar 1 atau 2 jam untuk menyelesaikan hidangan cah brokoli. Mulai dari persiapan bahan-bahan hingga menyajikannya ke piring saji.

Yuk langsung saja simak resep cah brokoli tofu, cocok untuk menu sayur makan siang.

  • Bahan Utama

1. 100 gram sayur brokoli segar

2. 100 gram tofu

3. 50 gram kacang mede goreng

4. 500 ml air

5. Minyak goreng seperlunya

6. 1 buah cabai merah (untuk hiasan cah brokoli)

  • Bahan Untuk Bumbu Tumis

1. 2 sdm tepung maizena

2. 1 sdm gula pasir

3. 1/2 sdt merica bubuk

4. 1 sdt garam

5. 2 sdm saus tiram

6. 4 siung bawang putih

Cara Memasak Cah Brokoli Tofu

a. Buang biji cabai merah lalu iris dan rendam ke dalam air es selama 2 jam.

b. Cuci brokoli sampai bersih dan potong-potong tofu sekitar 3 cm.

c. Larutkan tepung maizena ke dalam sebuah wadah menggunakan 2 sdm air. Setelah itu cincang bawang putih hingga halus.

d. Siapkan wajan penggorengan lalu masukkan minyak goreng. Jika minyak goreng sudah panas maka goreng semua potongan tofu anda hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Tiriskan juga sudah selesai anda goreng semuanya.

e. Panaskan lagi minyak goreng ke dalam wajan. Tumis bawang putih sampai beraroma harum. Lalu masukkan air sesuai ketentuan, aduk sebentar.

f. Tambahkan saus tiram bersama dengan bahan lainnya yakni merica bubuk, garam, serta gula pasir. Aduk lagi secara merata.

g. Kemudian masukkan brokoli ke dalam tumisan tadi, aduk sampai setengah layu. Bila brokoli sudah terlihat setengah layu maka taburkan kacang mede beserta tofu.

h. Tunggulah hingga bumbu meresap dengan baik. Jangan lupa untuk mengaduk cah sebentar.

i. Selanjutnya masukkan larutan maizena dan aduk-aduk rata. Ketika kuah sudah mendidih dan semua bahan masakan telah matang maka sajikan selagi masih hangat. Letakkan irisan cabai merah ke bagian atas hidangan cah.

Add a Comment