Waktu Tepat Mengonsumsi Telur Untuk Diet

Waktu Tepat Mengonsumsi Telur Untuk Diet

PrimaBerita – Mengonsumsi telur bisa bantu proses penurunan berat badan, oleh karena itu sebaiknya perhatikan pula waktu yang tepat agar hasilnya lebih maksimal. Sebagai sumber protein yang baik, telur sering disajikan ke dalam berbagai olahan masakan. Bahkan tak jarang pula telur menjadi lauk nasi. Selain itu telur juga kerap menjadi bahan membuat kue maupun omelet.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa waktu yang tepat mengonsumsi telur untuk menurunkan berat badan.

Sarapan menjadi waktu baik untuk mengonsumsi telur. Entah itu berbentuk telur rebus ataupun bentuk olahan telur lainnya. Sarapan dengan telur dapat membuat seseorang tetap kenyang pada waktu yang lebih lama. Agar proses penurunan berat badan dapat terjaga maka sarapan telur ini dapat menjauhkan anda dari kegiatan mengemil.

  • Malam Hari

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi telur pada malam hari dapat menyebabkan gangguan tidur, terutama pada orang yang memiliki kondisi GERD. Yang menjadi penyebabnya yaitu kandungan lemak pada kuning telur sehingga menimbulkan iritasi serta gangguan tidur.

Namun ada pula penelitian lain yang justru menemukan makan telur pada malam hari dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak lagi. Apalagi kandungan proteinnya yang membuat anda tidak rentan lapar saat istirahat malam.

Meski demikian, tidur yang berkualitas dapat membantu seseorang dalam proses penurunan berat badan.

  • Setelah Olahraga

Selepas melakukan aktivitas olahraga tentu energi telah hilang dan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak lagi. Sehingga makanan yang tinggi protein ini cocok anda konsumsi setelah berolahraga. Hal ini karena telur dapat meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi bagi tubuh. Selain itu hidangan telur juga baik dalam perbaikan otot.

Setelah mengetahui waktu yang tepat mengonsumsi telur, anda juga perlu mengetahui tips memasak telur sehat untuk diet. Melansir dari Sauder Eggs, cara-cara yang efektif untuk anda lakukan yaitu:

  1. Merebus telur sekitar 3 atau 4 menit
  2. Menggorengnya dengan minyak sehat, misalnya minyak zaitun
  3. Merebus telur tanpa cangkang atau poaching selama kurang lebih 3 – 5 menit

Add a Comment