Manfaat Makan Singkong bagi Kesehatan Tubuh

manfaat makan singkong

PrimaBerita – Beras memang sumber karbohidrat namun singkong juga bisa anda jadikan sebagai alternatifnya. Makan singkong memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin tidak anda ketahui.

Umumnya pada masyarakat pedesaan sebagai makanan pokok dan kudapan. Singkong atau Manihot esculenta mirip dengan ubi jalar, tapi hadir dengan batang yang keras.

Dalam 100 gram singkong (mentah) terdapat 32 gram karbohidrat dan 141 kalori. Mengutip dari Food Nutrition Table, selain karbohidrat, singkong juga mengandung protein (1 gram), lemak (0,2 gram), serat (2,9 gram), aneka vitamin termasuk vitamin C, B1, B2, B6, B11, serta mineral seperti sodium, potasium, kalsium, zat besi, magnesium, tembaga dan zinc.

Berikut Manfaat Makan Singkong bagi Kesehatan Tubuh :

Menguatkan sistem imun

Konsumsi singkong bisa membantu menjaga sekaligus menguatkan sistem imun berkat kandungan vitamin C-nya. Dalam 100 gram singkong, terdapat 32 miligram vitamin C.

Sumber serat dan karbohidrat kompleks

Dalam 100 gram singkong mampu memberikan 32 gram karbohidrat dan 2,9 gram serat. Karbohidrat dan serat berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah. Singkong menyediakan kebutuhan serat dan karbohidrat harian Anda.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Perpaduan vitamin C dan A yang merupakan antioksidan mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, dan mencegah kemunculan tanda penuaan termasuk kerutan di kulit. Singkong juga memberikan manfaat antiinflamasi karena komponen fenolik.

Menyehatkan mata

Vitamin A memainkan peranan untuk kesehatan mata. Ada beberapa jenis singkong yang diberi tambahan nutrisi (fortifikasi) provitamin A karotenoid sehingga membantu penyerapan vitamin A.

Banyak peneliti menyebut konsumsi singkong bisa meningkatkan asupan vitamin A dan menurunkan risiko yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Penuhi kebutuhan energi

Olahan singkong bakal memberikan energi untuk beraktivitas seharian. Dalam 100 gram singkong, Anda bisa mendapatkan 141 kalori.

Kalori singkong terbilang lebih tinggi daripada bahan pangan pokok lain. Dalam 100 gram nasi putih hanya mampu memenuhi 130 kalori. Kemudian jagung hanya memberikan 86 kalori. Bahkan ubi jalar pun cuma memberikan sebanyak 85,8 kalori

 

Add a Comment