Makanan Sehat Ini Bisa Bahaya Jika Dimakan pada Waktu yang Salah

PrimaBerita – Rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat dapat membuat tubuh menjadi bugar serta terhindar dari berbagai penyakit.  Namun makan makanan sehat bisa bahaya jika dimakan pada waktu yang salah.

Misalnya makan apel pada waktu yang salah dapat menyebabkan masalah usus. Alih-alih ingin memperbaiki.

Berikut Makanan Sehat Ini Bisa Bahaya Jika Dimakan pada Waktu yang Salah

Pisang

Meski pisang menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, namun jika anda makan saat perut kosong justru akan menurunkan tingkat energi yang ada dalam tubuh.

Pasalnya, buah ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi, ketika anda mengonsumsinya pada pagi hari, maka beberapa jam kemudian tubuh akan merasakan lelah dan lapar lagi. Makan pisang juga dapat menimbulkan ancaman bagi orang yang menderita sindrom iritasi usus besar, yang menyebabkan diare.

Nasi

Nasi mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Selain itu, sangat tinggi kalori yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan jika anda mengonsumsinya pada malam hari. Ada baiknya mengonsumsinya pada waktu siang. Karena tubuh lebih aktif sehingga makanan dengan mudah dicerna.

Kacang

Konsumsi kacang untuk sarapan atau sebagai camilan sehat pada waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya, yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung, menormalkan kadar kolesterol, dan berkontribusi pada penurunan berat badan serta kecantikan kulit dan rambut.

Untuk itum  jangan mengonsumsinya pada malam hari terutama kacang polong. Karena dapat menyebabkan kembung dan menurunkan kualitas tidur.

Apel

Apel mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Namun jika mengonsumsi apel pada malam hari, asam dari apel menumpuk pada perut menyebabkan ketidaknyamanan.

Makan apel pada malam hari juga dapat menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan dan masalah dengan buang air besar. Ini terjadi karena pencernaan melambat pada malam hari dan butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan apa pun. Lebih baik konsumsi apel pada pagi hari.

Yogurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan keasaman lambung. Jadi anda tidak boleh mengonsumsinya pada saat perut kosong.

Minum sekitar 1-2 jam setelah makan sangat baik untuk pencernaan. Mengkonsumsinya dalam porsi kecil sebelum tidur sepertinya merupakan pilihan yang tepat karena tubuh akan memperoleh protein yang dapat berkontribusi pada perkembangan otot.

Jus jeruk

Segelas jus jeruk memang berhasil melepas dahaga dan rasanya juga sangat enak. Namun akan jadi masalah ketika kamu mengonsumsinya di waktu yang tak tepat. Misalnya kamu mengonsumsi jus jeruk ketika perut kosong akan sangat berbahaya, karena jeruk sangat asam. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan yang tidak menyenangkan seperti mulas, perasaan berat di perut, dan memperlambat penyerapan nutrisi.

Keju

Keju memang sangat menggoda, namun jika anda mengonsumsi sepotong saja pada malam hari, maka akan memperburuk tidur anda. Karena tnggi lemak bisa sulit dicerna yang artinya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu tidur.

Mengonsumsinya sebagai sarapan memberi tubuh anda kalsium yang sangat tubuh butuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan kesehatan tulang.

Daging

Daging adalah sumber protein dan vitamin B yang baik, tetapi daging dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem pencernaan. Itu sebabnya lebih baik menghindari makan steak sebelum tidur.

Namun kamu bisa memilih daging tanpa lemak dan makan setidaknya 3 jam sebelum tidur sebenarnya merupakan pilihan yang baik karena memberikan rasa kenyang dan tidak mengandung kalori dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Makanan manis

Menjadikan makanan manis menajdi camilan merupakan hal yang salah, Dengan cara ini kadar gula darah akan naik, sehingga menyebabkan lonjakan gula, membuat anda mudah lelah dan gugup.

Ada baiknya jika anda ingin makan, makanan manis setelah mengonsumsi makanan utama. Hal ini membuat lonjakan gula darah tidak akan naik secara dramatis.

Add a Comment