Jenis Makanan Oriental Menggugah Selera

jenis makanan oriental

PrimaBerita – Makanan oriental adalah jenis makanan yang banyak ditemukan di kawasan Asia, khususnya Asia Tenggara. Secara umum menu makanan ini terdiri dari beberapa jenis hidangan dan biasanya lebih banyak mengandung karbohidrat.

Bila anda pernah mencicipi, salah satu contoh masakan oriental adalah nasi hainan. Menu ini mudah sekali untuk anda temukan pada restoran-restoran Indonesia. Kendati demikian makanan oriental memang identik dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan seperti bawang putih, kecap ikan, kecap asin, saos tomat, minyak wijen, hingga angciu. Yuk intip apa saja jenis makanan oriental.

1. Nasi Ayam Hainan

jenis makanan oriental

Nasi ayam hainan merupakan salah satu jenis makanan oriental yang paling populer. Wanginya yang khas dan rasanya yang lezat dapat membuat siapapun tergoda. Biasanya nasi ayam hainan berhidangkan taburan bawang putih, jahe, serta saus dan kecap asin.

2. Bebek Peking

Bebek peking memiliki bahan dasar daging bebek pilihan yang direndam terlebih dahulu pada cairan bumbu gochujang. Uniknya perendaman daging bebek harus berlangsung selama 24 jam sebelum mengolahnya menjadi sajian bebek peking. Adapun asal makanan ini dari China.

3. Hokkien Prawn Mee

Hokkien prawn mee menjadi menu favorit masyarakat Singapura yang berasal dari Tiongkok. Sajiannya berupa mie kuning serta bihun goreng dengan balutan bumbu-bumbu dapur dan seafood. Biasanya sebelum menggoreng mie kuning, terlebih dahulu mencelupkannya ke dalam wadah berisi kaldu lalu merebusnya bersama seafood.

4. Pad Thai

jenis makanan oriental

Makanan yang berasal dari Thailand sekilas mirip kwetiaw. Namun sebenarnya makanan pad thai berupa campuran mie, telur, sayuran, tahu, lalu bercampur dengan saus ikan. Beberapa restoran juga kerap menyediakan pad thaii dengan tambahan topping daging maupun seafood.

5. Capcay

Capcay begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Sebab makanan oriental ini bisa kita sajikan saat makan siang ataupun makan malam. Biasanya capcai sendiri terdiri dari aneka macam sayuran seperti sawi putih, kol putih, brokoli, jagung, dll. Cara memasaknya cukup dengan menumis semua bahan-bahan dengan bumbu dapur. Agar lebih nikmat lagi maka akan ditambahkan udang, cumi, atau bakso.

6. Fu Yung Hai

jenis makanan oriental

Jenis makanan oriental ini terdiri dari telur, sayuran, udang, maupun ayam dengan campuran tepung. Rasanya sangat enak dan sekilas proses adonannya mirip seperti membuat bakwan.

Add a Comment