Jenis Kanker yang Paling Populer di Indonesia

Jenis Kanker Populer Indonesia

PrimaBerita – Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak orang takuti. Ada beberapa jenis kanker yang paling populer di Indonesia. Berdasarkan data dari WHO kanker merupakan penyakit pembunuh paling mematikan nomor 3 di Indonesia.

Pada posisi pertama ada penyakit yang berkaitan dengan jantung, sementara pada posisi kedua ada semua penyakit menular, penyakit maternal, penyakit perinatal, dan penyakit yang berhubungan dengan kondisi gizi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari Departemen Kesehatan (Depkes), faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengidap kanker lebih dari 30 persen terjadi karena kurangnya konsumsi buah dan sayuran, pola makan yang kurang tepat, merokok, kurang berolahraga, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan indeks massa tubuh yang terbilang tinggi.

Berikut Jenis Kanker yang Paling Populer di Indonesia

Kanker Saluran Pernapasan (Trakea, Bronkus, dan Paru)

Jenis kanker yang populer yang pertama adalah kanker yang berhubungan dengan saluran pernapasan yaitu paru, trake maupun bronkus terutama bagi pria.

Awalnya kanker ini pada organ paru-paru yang kemudian dengan mudah dan cepat menyebar ke bagian bawah tubuh lainnya. Penyebab utamanya adalah merokok. Mereka yang merupakan perokok aktif berisiko untuk mengalaminya.

Kanker Payudara

Pada posisi kedua ada kanker payudara, jenis kanker yang satu ini lebih banyak terjadi pada wanita, terlebih setelah mengalami masa menopause. Namun, risiko lebih tinggi akan terjadi pada wanita dengan kondisi medis bawaan, riwayat genetik tertentu, bertubuh gemuk, selalu konsumsi alkohol, memiliki payudara yang padat, berusia 11 tahun ke bawah ketika mengalami menstruasi pertama, belum hamil maupun hamil usia lebih dari 35 tahun.

Kanker Usus

Bagi orang yang memiliki kebiasaan minum alkohol, mengalami kegemukan, pengidap diabetes, dan sering merokok juga rentan terkena penyakit ini.

Melakukan skrining kesehatan dapat mengurangi dampak negatif dari kanker usus. Tetapi, tidak semua orang mengerti pentingnya tes ini, sehingga jarang yang melakukannya dan deteksi kanker.

Kanker Hati

Sering terjadi pada wanita yang berusia mulai dari 67 tahun, kanker hati berada pada posisi ke empat. Penyebabnya beragam, mulai dari kondisi cacat bawaan sejak lahir, infeksi hepatitis C dan B, konsumsi alkohol, hingga sirosis. Obesitas dan penyakit perlemakan hati juga yang berkaitan dengan jenis kanker ini.

Kanker Serviks

Kanker yang satu ini menjadi momok untuk para wanita. Penyebabnya tak lain adalah virus HPV. Meski begitu, tidak semua jenis virus ini memicu kanker serviks, tetapi juga bisa menyebabkan kutil kelamin, bahkan tidak ada gejala kanker sama sekali. Supaya tidak terjadi, cegah dengan rutin melakukan pap smear.

Kanker Prostat

Kanker jenis ini hanya terjadi pada pria, biasanya pada rentang usia sekitar 50 tahun ke atas. Mereka yang konsumsi produk olahan susu berlemak tinggi dan daging merah tetapi tidak mengimbanginya dengan konsumsi buah dan sayuran lebih berisiko mengalami kanker prostat.

Add a Comment