Inilah Kelompok Orang yang Tidak Boleh Mendapatkan Vaksin Covid-19

orang yang tidak boleh mendapatkan vaksin

PrimaBerita – Vaksin covid-19 sudah mendapat izin edar sebagai penggunaan darurat namun ternyata ada kelompok orang yang tidak boleh mendapatkan vaksin tersebut. Seperti orang yang memiliki reaksi alergi parah terhadap salah satu bahan vaksin covid-19.

Saat ini dua jenis vaksin sudah mulai beredar ke berbagai negara yakni vaksin moderna dan pfizer. Adapun peredaran kedua jenis vaksin ini menurut salah seorang pakar penyakit menular dari Vanderbilt University telah melampaui proses pemeriksaan ketat oleh badan berwenang. Jadi sebetulnya masyarakat tidak perlu lagi mengkhawatirkannya.

“Vaksin tidak seperti obat yang dapat menumpuk di tubuh anda. Jadi tidak akan mengubah susunan dalam tubuh sehingga menyebabkan efek samping jangka panjang nantinya,” katanya.

Biarpun demikian tetapi ada beberapa kelompok orang yang tidak boleh mendapatkan vaksin covid-19 atau virus corona. Melansir dari Kompas, daftar kelompok tersebut meliputi:

  1. Orang dengan Alergi

Menurut CDC ada beberapa orang yang pernah mengalami reaksi alergi parah setelah mendapatkan vaksin covid-19. Oleh sebab itu pusat pengendalian dan pencegahan penyakit negara AS tersebut menyarankan agar orang yang mempunyai reaksi alergi terhadap salah satu bahan vaksin tidak boleh melakukan suntikan.

  1. Orang dengan Gangguan Imunitas

Bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu secara serius maka sebaiknya tidak diberikan suntikan vaksin covid-19. Ini karena biasanya tidak cocok dengan respon vaksin. Oleh sebab itu orang yang mengidap gangguan imunitas perlu menunggu sampai anda penelitian yang menunjukkan efektivitasnya.

  1. Wanita Hamil

Para ahli percaya bahwa dosis eksperimental dalam vaksin covid-19 mungkin tidak sesuai untuk kesehatan bayi yang sedang tumbuh. Selain itu dapat juga mengakibatkan efek samping bagi ibu hamil.

  1. Anak-anak

Sejauh ini penelitian vaksin covid-19 belum menunjukkan efeknya pada anak-anak sehingga untuk saat ini vaksin covid-19 belum boleh bagi anak-anak. Sementara itu vaksin Pfizer hanya boleh diberikan kepada orang yang sudah berusia 16 tahun ke atas sedangkan vaksin moderna untuk kelompok usia 18 tahun ke atas.

Lihat Juga: Ternyata Selain Vaksin, Dunia Punya Senjata Ampuh Untuk Melawan Virus Corona

Add a Comment