Ternyata Selain Vaksin, Dunia Punya Senjata Ampuh Untuk Melawan Virus Corona

senjata ampuh virus corona

PrimaBerita – Ternyata selain vaksin yang sedang dalam proses pengembangan, ada senjata ampuh lain yang disebut bisa melawan virus corona. Petinggi Center of Disease Control and Prevention mengungkapkan masker adalah alat kesehatan masyarakat yang paling kuat yang bisa melawan covid-19. Bahkan mungkin mampu memberi proteksi yang lebih baik daripada vaksin.

“Kami memiliki bukti ilmiah yang jelas bahwa masker bekerja dan merupakan pertahanan terbaik kita,” tutur Robert Redfield, direktur CDC.

“Saya mengatakan bahkan mungkin masker lebih terjamin untuk melindungi saya dari covid-19 daripada saat saya mengambil vaksin covid-19,” katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Robert juga mengatakan bahwa vaksin covid-19 atau vaksin virus corona yang paling potensial, yang kemungkinan akan tersedia dalam jumlah terbatas pada akhir tahun, kemungkinan hanya memiliki 70% imunogenisitas.

Baca Juga: Kronologi Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia Usai Positif Corona

Untuk imunogenisitas sendiri yaitu berarti kemampuan vaksin dalam membangun respons imun terhadap serangan virus penyakit.

“Jika saya tidak menadapatkan respons imun, vaksin tidak akan melindungi saya. Tetapi masker melindungi saya,” imbuh Robert Redfield.

Sementara itu, terkait masker yangdisebut sebagai senjata ampuh melawan virus corona (covid-19). Penasehat Gedung Putih, Anthony Fauci menyebutkan kemungkinan akan memproduksi vaksin virus corona dengan perlindungan hingga 98% dan sangat efektif.

Pun demikian CDC maupun WHO (World Health Organization) memang menyarankan orang-orang agar menggunakan masker untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona. Yang mana virus tersebut dapat menyebar melalui droplet ketika seseorang sedang berbicara, berbatuk, atau bahkan saat sedang bersin.

CDC juga menyampaikan bahwa masker yang menutupi mulut serta hidung merupakan salah satu hal sangat penting ketika orang tak dapat menjaga jarak aman satu sama lain.

Hal senada, asisten sekretaris kesehatan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, laksamana Brett Giroir juga mengatakan masker penting untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal itu ia katakan karena orang yang terinfeksi dan yang tidak menunjukkan gejala masih berpotensi dapat menyebarkan virus.

Add a Comment