5 Tanda yang Bisa Dilihat Saat Kurang Tidur

tanda kurang tidur

PrimaBerita – Beberapa tanda bisa dilihat sendiri saat tubuh mengalami susah tidur atau kurang tidur. Yang menjadi salah satu tanda paling umum saat kurang tidur yaitu tubuh terasa lemas. Jadi sebaiknya pastikan anda telah memenuhi waktu istirahat normal setiap hari.

Hal ini karena tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Bahkan tak jarang pula orang sampai menyebut bahwa tidur adalah suatu aktivitas yang menyenangkan.

Normalnya, rata-rata kebutuhan tidur masing-masing orang setidaknya 7 sampai 8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup seutuhnya anda sudah memberikan waktu untuk tubuh memulihkan fungsinya kembali agar bisa menjalani aktivitas berikutnya setelah tidur. Namun tak jarang pula waktu tidur tersita hanya karena urusan pekerjaan hingga sekedar bermain gadget.

Menyadur dari beberapa sumber, berikut ini terdapat beberapa tanda saat mengalami kurang tidur.

  1. Mudah Lupa

Tidur bukan hanya dapat memulihkan tenaga namun juga bisa meningkatkan daya ingat. Jika seseorang mengalami kekurang waktu tidur maka bisa memengaruhi kemampuan koginitifnya, termasuk dalam proses belajar.

  1. Kulit Terlihat Kusam

Istirahat yang cukup dapat memberikan ruang bagi kulit untuk melakukan regenerasi secara optimal. Sehingga kurang tidur tentu bisa memberikan dampak pada kesehatan kulit. Efek dari kurang tidur bisa membuat mata terlihat lelah serta meningkatkan resiko timbulnya garis halus pada kulit. Kulit pun  juga menjadi tidak kencang.

Lihat Juga: Jika Merasakan Hal Ini, Bertanda ada Seseorang Merindukan Anda

  1. Mudah Sakit

Kurang tidur mampu memperburuk sistem kekebalan tubuh yang berdampak pada produksi hormon sitokin. Bahkan ada studi yang menemukan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 7 jam sehari mempunyai resiko 3 kali lebih besar mengalami demam atau flu.

  1. Stres dan Mudah Emosi

Tak mendapatkan waktu istirahat yang cukup juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi lebih mudah stres bahkan emosi. Nah jika emosi sudah tidak bisa terkendali lagi maka sering kali akan membuat orang bertindak tanpa berpikir dan akhirnya melukai orang lain, baik secara fisik maupun batin.

  1. Berat Badan Bertambah

Ketika tidak memiliki waktu tidur yang cukup, ternyata berat badan bisa bertambah. Ini karena tubuh cenderung memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang berperan dalam menimbulkan rasa lapar saat seseorang mengalami gangguan tidur. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat anda tetap merasa lelah.

Add a Comment