Ini Efek Positif dan Negatif Masak dengan Air Fryer

Efek Negatif Masak Air Fryer

PrimaBerita  – Baru-baru ini air fryer sedang melambung tinggi, banyak orang telah membeli alat masak yang membawa klaim membuat masakan lebih sehat. Ketahui efek positif dan negatif masak dengan menggunakan air fryer.

Air fryer adalah mesin yang serupa dengan oven kecil yang dirancang untuk memasak dengan banyak minyak tanpa merendam makanan dalam minyak. Air fryer menggunakan udara panas dalamnya untuk mematangkan makanan.

Karena tidak memerlukan minyak untuk membuat makanan bertekstur garing dan renyah, air fryer membawa klaim lebih sehat.

Air fryer menghadirkan teknik menggoreng dengan tekanan udara sehingga lebih rendah kolesterol. Hal ini yang membuat air fryer banyak orang gemari dan menjadi pilihan terutama bagi orang dewasa yang rentan terhadap kolesterol.

Tetapi tidak semua orang menyambut baik kehadiran alat masak ini. Beberapa orang justru memerhatikan efek penggunaan air fryer terhadap risiko kesehatan.

Mengutip dati Medical News Today (2/4), produsen air fryer membuat sebuah alat yang dapat membantu memasak tanpa menggunakan minyak. Tetapi air fryer tidak menggunakan metode memasak tradisional seperti memanggang dan membakar.

Air fryer bekerja dengan cara menyebarkan udara panas sekitar makanan untuk menciptakan tekstur renyah. Para peneliti menjelaskan bahwa air fryer menggunakan udara panas untuk menghilangkan kelembaban dari makanan.

Hasilnya, makanan memiliki karakteristik yang mirip dengan makanan yang digoreng, meskipun dengan kadar lemak yang jauh lebih rendah.

Berikut Efek Positif dan Negatif Masak dengan Air Fryer

Efek Positif Air Fryer

1. Menurunkan Berat Badan

Asupan makanan yang telah anda goreng cenderung tinggi lemak dan kalori. Air fryer dapat memangkas asupan lemak dan minyak sehingga akan lebih mudah untuk membuang lemak dalam tubuh.

2. Lebih Aman Daripada Menggoreng

Secara tradisional memakai banyak minyak dapat menimbulkan percikan minyak panas. Hal ini dapat meningkatkan risiko pada keselamatan saat memasak.

Sementara dengan memakai air fryer, hal tersebut tidak akan terjadi.

3. Mengurangi Risiko Pembentukan Akrilamida Beracun

Menurut Badan Internasional Penelitian Kanker, akrilamida mungkin memiliki hubungan dengan perkembangan beberapa kanker, termasuk kanker endometrium, ovarium, pankreas, payudara, dan oesofagageal.

Penelitian tambahan juga membuktikan adanya kaitan akrilamida dengan ginjal, kanker endometrium, atau ovarium, meskipun hasilnya belum bisa anda pastikan.

Pakar kesehatan menyebut menggunakan air fryer bisa mengurangi risiko pembentukan senyawa berbahaya ini pada makanan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Mengganti cara menggoreng tradisional dengan metode memasak lainnya dapat mengurangi risiko seseorang terhadap gangguan kesehatan.

Efek Negatif Air Fryer

1. Tidak Menjamin Seseorang Lebih Sehat

Air fryer mampu memberikan pilihan makanan yang lebih sehat daripada menggoreng secara tradisional. Tetapi hanya mengganti semua makanan yang sering anda goreng dengan makanan yang penggorengannya dengan udara sama sekali tidak menjamin seseorang bisa lebih sehat.

Untuk kesehatan yang optimal, seseorang tetap harus fokus pada asupan nutrisi seimbang dengan konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

2. Dapat Menyebabkan Efek Berbahaya

Air fryer memang mencegah risiko pembentukan akrilamida, tetapi ada senyawa berbahaya lain yang bisa terbentuk. Berupa hidrokarbon aromatik polisiklik dan amina heterosit yang dapat muncul dari memasak daging menggunakan udara panas.

Senyawa ini memiliki hubungan dengan risiko kanker, menurut National Cancer Institute. Para ilmuwan perlu melakukan penelitian tambahan untuk mengklarifikasi dengan tepat bagaimana air fryer dan senyawa ini berkorelasi.

3. Tidak Bergaransi Menyehatkan

Air fryer mampu membuat makanan yang lebih sehat dari menggoreng secara tradisional. Tetapi perlu diingat bahwa gorengan masih tetap menjadi gorengan. Akan selalu ada efek kesehatan yang dapat dihasilkan dari konsumsi hidangan yang satu ini.

Add a Comment