Aman Dilakukan, Ini Jenis Olahraga Untuk Penderita Asma

Jenis Olahraga Untuk Penderita Asma

PrimaBerita – Secara umum semua jenis olahraga memiliki banyak manfaat tak terkecuali untuk orang penderita penyakit asma. Selain terbilang aman, aktivitas olahraga bagi penderita asma juga menyenangkan untuk dilakukan.

Asma merupakan sebuah kondisi ketika saluran udara mengalami peradangan hingga penyempitan dan pembengkakan. Saat terjadi kondisinya akan menghasilkan lendir secara berlebih. Alhasil pengidapnya menjadi sulit bernafas. Namun tak bisa dipungkiri pula bahwa ada beberapa jenis olahraga yang berpotensi menyebabkan asma. Dengan demikian penderita asma sebaiknya jelih dalam memilih kegiatan olahraga mana yang baik dan tergolong aman untuk ia lakukan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis olahraga yang aman bagi pengidap asma.

Berjalan Kaki

Sebuah studi menemukan bahwa berjalan kaki 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu dapat membantu mengendalikan penyakit asma. Oleh karena itu aktivitas ini baik dan aman untuk anda lakukan termasuk bagi pengidap asma. Agar lebih mendapatkan hasil efektif maka sebaiknya lakukan olahraga jalan kaki selama setengah jam dengan intensitas sedang.

Bersepeda Santai

Melakukan aktivitas bersepeda santai atau dengan kecepatan yang kurang dari 29 km/jam tidak memperburuk asma. Sebab bila meningkatkan kecepatan maka dapat memicu pernafasan menjadi lebih cepat sehingga dapat mengeringkan saluran udara yang berpotensi memicu serangan asma.

Yoga

Jenis olahraga yoga dapat membantu seseorang untuk fokus pada pernafasan. Pernafasan ritmis yang terkontrol selama berolahraga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus membangun kekuatan otot. Hal ini penting demi mendukung kebugaran tubuh secara keseluruhan. Selain itu stres juga dapat terkontrol karena bagi sebagian orang, stres juga merupakan pemicu asma.

Berenang

Orang yang memiliki penyakit asma sebenarnya bisa juga melakukan olahraga berenang. Pasalnya berenang membuat seseorang menghirup udara hangat dan lembab dan juga membantu seseorang dalam mengontrol nafas. Akan tetapi perlu anda catat bahwa terhadap beberapa orang dapat mengalami gejala asma saat berenang karena kandungan klorin dalam air. Supaya lebih aman lagi perhatikan saja kandungan air dalam kolam renang yang anda gunakan.

Add a Comment