Ini Perbedaan Asam Urat dan Rematik, Penyebab dan Gejala

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

PrimaBerita – Beberapa orang mengira bahwa asam urat dan rematik itu adalah sama. Padahal asam urat dan rematik itu memiliki perbedaan baik itu dari penyebab hingga gejalanya.

Rheumatoid arthritis atau rematik merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan persendian mengalami peradangan, kaku, nyeri dan bengkak. Jika tak ditangani, dapat mengakibatkan kerusakan permanen yang bisa mengganggu kualitas hidup seseorang. Kedua jenis radang sendi yang berbeda.

Kendati beberapa gejala memiliki kesamaan, tetap saja terdapat beda penyebab dan perawatan antara asam urat dan rematik.

Mengutip dari Health Line, filsuf yang juga dokter Yunani, Hippocrates menyebut asam urat sebagai rematiknya orang kaya. Karena secara historis, penyakit asam urat d!kaitkan dengan gaya hidup yang manja dengan makanan dan minuman orang kaya.

Beda asam urat dan rematik bisa terlihat pada tanda-tanda awal dan sendi mana yang merasakan sakit. Kedua penyakit ini menyebabkan kemerahan, bengkak dan nyeri pada persendian.

Asam urat dan rematik juga sama-sama mengakibatkan kecacatan serius dan berpotensi mengganggu kualitas hidup Anda. Namun cara terbaik untuk membedakan kedua penyakit tersebut adalah diagnosis dokter.

Berikut perbedaan asam urat dan rematik.

Gejala rematik

– Nyerinya bisa ringan, sedang atau berat dan biasanya kaku.

– Dapat mempengaruhi sendi mana saja dan biasanya simetris pada kedua sisi tubuh.

– Paling sering terjadi pada persendian kecil tangan, pergelangan tangan, dan kaki.

– Persendian bisa menjadi nyeri, merah dan bengkak.

Gejala asam urat

– Biasanya terjadi pada kaki, paling sering di pangkal jempol kaki.

– Kemerahan, bengkak dan mengalami nyeri hebat.

Penyebab rematik

Komunitas medis menyatakan belum mengetahui secara pasti penyebab rematik. Para ilmuwan berpendapat bahwa sebagian kasus berhubungan dengan susunan genetik seseorang. Dan kondisi itu kemudian dipicu oleh lingkungan sekitar, seperti virus.

Penyebab asam urat

Makanan dan minuman yang tak sehat secara tak langsung dapat menyebabkan asam urat. Tapi akar masalahnya adalah purin. Senyawa kimia ini dtemukan pada makanan tertentu.

Makanan yang sarat akan purin termasuk daging–terutama jeroan, sebagian besar ikan dan kerang dan beberapa sayuran. Roti dan sereal gandum utuh juga mengandung purin.

Tubuh mengubah purin menjadi asam urat. Kondisi ini dapat terjadi setiap kali ada terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat biasanya keluarĀ  melalui urin, tapi kadarnya yang tinggi dapat membentuk kristal tajam pada persendian dan menyebabkan peradangan serta nyeri hebat.

Mengutip dari laman kesehatan Web MD, baik asam urat maupun rematik sebetulnya belum ada yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun ada perawatan untuk membantu mengelola gejala, baik untuk kondisi nyeri ataupun saat mengalami peradangan.

Pereda nyeri dijual bebas di apotek seperti ibuprofen dan naproxen yang dapat membantu mengatasi asam urat ataupun nyeri. Sementara perawatan peradangan, bisa didapatkan dari kortikosteroid seperti prednison. Namun cara terbaik tetap berkonsultasi dengan dokter.

Add a Comment