Resep Masak: Sayur Rebung Kuah Santan

Sayur Rebung Kuah Santan

PrimaBerita – Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sajian sayur kuah santan. Namun selain sebagai olahan sayur, rebung juga bisa digunakan sebagai isian lumpia.

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, asam amino, dan nutrisi penting lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh. Lantas berkat kandungan tersebutlah membuat rebung sering bermanfaat sebagai bahan membuat suatu makanan.

Nah bagi anda yang sedang mencari resep sayur rebung kuah santan, simak saja informasi berikut ini.

Bahan-bahan umum:

a. 350 gram rebung muda (iris tipis)

b. Kaldu ayam (bubuk) seperlunya

c. 2 lembar daun jeruk

d. 1 lembar daun salam

e. Minyak secukupnya

f. Garam seperlunya

g. 3 cm lengkuas

h. 200 ml santan kelapa atau dari 1 butir kelapa

i. Gula secukupnya

Bahan-bahan untuk bumbu halus, antara lain:

a. 4 cm kunyit

b. 10 butir cabai rawit

c. 3 buah cabai merah (belah dan keluarkan bijinya)

d. 3 siung bawang putih

e. 5 siung bawang merah

f. 3 buah kemiri

Cara Masak Sayur Rebung Kuah Santan

Langkah-langkah yang perlu anda terapkan yaitu sebagai berikut.

  1. Tumis bahan-bahan bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya. Kemudian tunggu hingga tumisan menghasilkan aroma yang wangi. Sesudah itu tambahkan juga garam, gula pasir, serta lengkuas.
  2. Masukkan sedikit air ke dalam bumbu tumis, biarkan mendidih sebelum memasukkan rebung. Jika sudah terlihat mendidih maka hal selanjutnya yaitu memasukkan sayur rebung. Namun sebelum menambahkan rebung ke dalam tumisan, rebung tersebut ada baiknya rebus dahulu lalu rendam selama 1 malam, cuci dan tiriskan sebelum anda masak.
  3. Masaklah rebung bersama dengan bumbu tumis selama 10 menit. Campurkan juga daun salam, daun jeruk, serta kaldu ayam bubuk secukupnya. Kemudian aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata. Tunggu masakan sampai kembali mendidih.
  4. Lalu tuanglah santan kelapa ke dalam masakan. Tunggu lagi hingga masakan sayur rebung kuah santan terlihat mendidih dan matang secara sempurna.
  5. Sajikan olahan sayur rebung bersama dengan lauk dan nasi hangat.

Add a Comment