Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung Lho

Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung Lho

PrimaBerita – Bukan hanya makanan, ternyata minuman juga bisa sebabkan perut kembung. Saat masalah perut kembung terjadi rasanya perut seperti dipenuhi gas yang membuat tidak nyaman. Sehingga perut kembung bisa mengganggu aktivitas keseharian. Minuman-minuman tersebut antara lain:

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu akan berdampak buruk bagi tubuh terhadap orang-orang yang intoleran laktosa (alergi susu sapi). Menurut catatan US National Library of Medicine, manusia yang intoleran terhadap laktosa ada sekitar 65% dari populasi manusia. Jumlah ini bukan hanya tertuju pada orang-orang yang intoleran laktosa sejak lahir saja melainkan seiring bertambahnya usia. kemampuan seseorang mencerna laktosa bisa berkurang.

Soda

Seorang ahli kesehatan usus, Sauceda menuturkan bahwa sebenarnya bukan jenis soda pada minuman yang bermasalah tetapi gelembung-gelembung kecil hasil karbonisasi mampu memicu perut kembung. Selain itu soda diet juga dapat memberi efek buruk bahkan lebih parah karena kandungan pemanis buatannya.

Alkohol

Seperti soda, minuman jenis ini juga bisa sebabkan perut kembung. Produksi gas akan meningkat dan berlebih dalam tubuh. Selain itu alkohol juga mampu menambah tekanan pada bagian perut sehingga bisa memperparah kondisi perut.

Kopi

Beberapa orang yang sensitif terhadap kafein akan mengalami masalah pencernaan saat mengonsumsinya. Jadi sebetulnya kopi bukan penyebab iritasi gastrointestinal bagi semua orang. Namun orang yang sensitif terhadap kafein penyebabnya bisa karena faktor genetik.

Baca Juga: Tanpa Kita Sadari, Kebiasaan Sehat Yang Satu Ini Ternyata Bisa Bikin Perut Kembung.

Itulah beberapa minuman yang mampu memicu perut kembung. Namun sebenarnya masih ada lagi hal lainnya yang bisa memicu perut kembung, yakni dari cara seseorang mengonsumsi suatu minuman. Misalnya minum dengan sedotan.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa minum dengan sedotan dapat memicu produksi gas dalam tubuh. Menurut Sauceda, udara akan ikut masuk dan berdiam dalam usus ketika menghisap minuman dari sedotan. Sehingga hal ini dapat membuat perut berasa bergas hingga akhirnya mengalami perut kembung. Sementara itu Sauceda juga menambahkan kalau menghisap minuman terlalu cepat juga dapat menelan lebih banyak udara.

Add a Comment