Manfaat Bermain Skipping, Perlu Diketahui!

manfaat bermain skipping

PrimaBerita – Manfaat umum yang bisa didapat dari bermain skipping yaitu membantu bakar kalori dalam tubuh manusia. Hal ini tentu karena secara garis besar, aktivitas bermain skipping mengharuskan tubuh untuk melompat. Sehingga hal ini bisa menimbulkan keringat.

Skipping atau lompat tali juga termasuk sebagai olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun dalam melakukan aktivitas lompat tali ada baiknya berhati-hati agar tak menimbulkan cedera. Yuk langsung saja simak manfaat dari bermain skipping.

Manfaat Bermain Skipping

Manfaat-manfaat yang bisa seseorang dapatkan dari bermain skipping yaitu:

Membakar Kalori Tubuh

Kegiatan lompat tali dapat membakar 200 – 300 kalori hanya dengan berlatih selama 15 menit saja. Hal ini karena saat melakukan lompat tali ada gerakan yang menghasilkan panas dari dalam tubuh yang membakar sejumlah kalori.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Latihan yang mengulang gerakan melompat dengan cepat dapat membuat darah terpompa yang mana dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Jadi bagi anda yang ingin sehat tak ada salahnya untuk melakukan olahraga ini secara rutin dan bersemangat.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Bermain skipping secara rutin juga membantu tubuh untuk meningkatkan keseimbangan. Sementara itu koordinasi antara tubuh juga akan semakin baik bila melakukannya secara teratur. Pasalnya latihan ini akan membuat otak fokus pada kaki untuk melakukan lompatan yang baik.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kepadatan tulang serta kekuatan tulang juga bisa terbentuk dari rutin melakukan lompat tali (skipping). Dengan demikian, berbagai gangguan kesehatan bisa anda hindari dengan tulang yang sehat.

Tips Bermain Skipping

Agar lebih merasakan manfaatnya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti:

– Menggunakan pakaian senyaman mungkin. Bila perlu gunakan sepatu untuk menghindari resiko cedera pada telapak kaki.

– Cari area yang permukaannya kasar alias tidak licin saat melakukan kegiatan lompat tali. Jika melakukan aktivitas skipping dalam ruangan, pastikan pula langit-langit atau asbes ruangan tidak terlalu rendah.

– Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas lompat tali sekitar 5 – 10 menit.

Add a Comment