Asupan Penting Guna Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)

mencegah infeksi saluran kemih

PrimaBerita – Penting bagi manusia dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih atau ISK. Oleh karena itu untuk menujang hal tersebut ada baiknya dengan rajin berolahraga serta rutin mengonsumsi asupan-asupan yang sehat pula.

Dibanding pria, ISK lebih umum terjadi pada wanita. Gejala yang bisa dilihat yakni sensasi rasa terbakar ketika BAK atau buang air kecil. Selain itu tanda lainnya yang bisa dilihat adalah memiliki desakan untuk selalu buang air kecil. Gejala ini mungkin bervariasi pada setiap orang, bisa dengan gejala yang ringan dan juga bisa dengan gejala yang berat.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Lansia

Lalu sebenarnya apa saja yang perlu diasup guna mencegah terjadinya infeksi salurah kemih?

Makanan & Minuman dalam Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Jus Canberry

Meski penelitian tidak menujukkan secara pasti terkait khasiat jus canberry yang bisa mengobati infeksi saluran kemih, akan tetapi jus canberry mampu mencegah terjadinya ISK. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jenis minuman sehat yang satu ini.

Yoghurt Probiotik

Minuman yang satu ini dikenal dengan bakteri baiknya yang mampu mengusir bakteri jahat di usus dan di tubuh manusia. Selain itu mengonsumsi yoghurt juga membantu efektif dalam pencegahan infeksi saluran kemih.

Air Putih

Air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Selain mencegah timbulnya ISK, air putih bahkan disebut mampu menghilangkan racun serta patogen yang ada di dalam tubuh. Anda bisa minum air putih sebanyak-banyaknya dimanapun dan kapan saja.

Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam dikenal juga sebagai solusi untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan reproduksi, dan juga bisa mengatasi nyeri haid. Oleh karena itu manfaat lainnya adalah membantu mengurangi resiko infeksi, karena dark chocolate kaya akan antioksidan.

Baca JugaJangan Campur Makanan dan Minuman Ini, Bahaya Bagi Kesehatan

Buah dan Sayur

Selain minuman, buah dan sayur juga turut berperan dalam mencegah terjadinya ISK. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk, mangga, kiwi, serta pisang.

Add a Comment