Tanda Dehidrasi Pada Bayi, Bunda Wajib Tahu!

PrimaDaily – Ada beberapa tanda dehidrasi pada bayi yang bunda harus ketahui. Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa saja kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi.

Beberapa orangtua mungkin tidak menyadari kalau anaknya pada suatu waktu sedang mengalami dehidrasi. Hal ini tentu perlu diwaspadai karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan dapat menyebabkan masalah ginjal maupun infeksi saluran kemih atau ISK. Akibatnya bisa lebih fatal. Oleh karena itu penting bagi orangtua yang memiliki bayi untuk mengenali tanda dehidrasi pada bayi.

Tanda Dehidrasi Pada Bayi

  • Bibir Kering dan Pecah-pecah

Meski masih bayi, bukan berarti bayi tidak bisa mengalami kondisi ini. Sebab ini merupakan tanda dehidrasi yang paling umum, apalagi jika ditambah dengan kondisi jumlah air liur yang lebih sedikit.

  • Tidak Keluar Air Mata Saat Bayi Menangis

Kehilangan banyak cairan tubuh juga bisa membuat bayi rewel dan menangis terus-menerus. Dan saat itu pula bayi tidak mengeluarkan air matanya. Maka itu tandanya kadar cairan dalam tubuh bayi sedang menurun.

Lihat Juga: Bayi Bisa Kembung Karena Menangis Berlebihan

  • Popok Kering

Popok lebih memudahkan orangtua untuk berbagai kondisi, misalnya saat bepergian. Namun jika popok si kecil terlihat kering atau frekuensi buang air kecil bayi mengalami penurunan maka orangtua jangan menganggap enteng situasi ini. Terlebih lagi apabila urine bayi berwarna gelap bahkan sangat pekat. Tanda dehidrasi ini perlu mendapat perhatian.

  • Rasa Kantuk Berlebih

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memengaruhi suasana hati si kecil, termasuk membuat bayi lesu dan sangat mengantuk. Sehingga bayi akan mampu tidur lebih lama dari yang biasanya. Matanya serta pipi maupun bagian atas kepala juga akan tampak cekung.

  • Nafas atau Detak Jantung Cepat

Situasi dehidrasi atau kehilangan cairan juga dapat menyebabkan bayi merasa kelelahan hingga meningkatkan laju detak jantung serta pernafasan bayi. Selain itu tanda lainnya bayi juga tidak tertarik melakukan kegiatan apapun. Maka dengan demikian bunda harus segera meningkatkan asupan cairan bagi tubuh si kecil.

Sumber artikel: Primadaily.comTanda Dehidrasi Pada Bayi, Bunda Wajib Tahu!.

Add a Comment