9 Cara Mengatasi Sakit Leher Karena Salah Bantal

PrimaBerita – Saat bangun tidur mungkin anda pernah mengalami sakit leher akibat salah bantal. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja. Untuk itu, penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi sakit leher karena salah bantal jika leher sudah mulai terasa sakit.

Saat tidur, posisi leher bisa berubah dengan sendirinya, meskipun anda sudah berusaha beristirahat dengan posisi yang aman dan nyaman. Sakit leher tersebut akibat dari terganggunya kontraksi pada otot-otot.

Berikut 9 Cara Mengatasi Sakit Leher Karena Salah Bantal

1. Pijat Area yang Sakit

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memijat area yang tegang. Dengan memijit area tersebut, fungsi otot yang kejang dan tremor akan kembali relaks.

Mintalah bantuan pasangan atau teman anda untuk memijat area sekitar bahu dan leher dengan lembut.

2. Regangkan Otot Leher

Serabut otot akan tertarik dan memendek saat otot mengejang akibat kontraksi yang berlebihan. Maka dari itu, anda perlu meregangkan otot leher. Untuk melakukannya, cukup gerakan leher ke arah yang berlawanan.

3. Istirahatkan Otot Leher

Setelah anda regangkan, hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mengistirahatkannya. Mengurangi gerakan pada otot nyeri akan mempercepat pemulihan otot.

4. Lakukan Gerakan Ringan

Cara mengatasi salah bantal selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. Meskipun awalnya akan terasa nyeri, tujuan sebenarnya anda melakukan hal ini adalah agar leher tidak kaku.

Namun, jangan anda paksa karena bisa menyebabkan cedera yang lebih parah.

5. Hindari Memutar atau Membunyikan Leher

Ketika sakit leher,  hindari memutar atau membunyikan leher karena hal ini ternyata malah bisa menimbulkan cedera baru.

Alih-alih menghilangkan pegal, saraf-saraf pada leher malah terjepit dan nyeri pada leher akan terasa lebih parah.

6. Kompres Leher yang Sakit

Kompres panas bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan merelakskan otot. Sedangkan kompres dingin bisa dimanfaatkan untuk meringankan rasa sakit, memperkecil pembuluh darah, dan menghentikan pendarahan kecil pada jaringan.

Jadi, pilih saja teknik kompres mana yang sesuai dengan tujuan dan gejala yang anda alami.

7. Pakai Bantal yang Tepat

Ketika tidur, menggunakan bantal yang nyaman adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari sakit leher akibat salah bantal.

Untuk itu, penting sekali untuk memilih jenis bantal yang benar sesuai dengan kenyaman anda. Usahakan agar posisi kepala terhadap sumbu tulang tidak miring ketika anda tidur.

Selain itu, gunakan bantal secukupnya. Jangan sampai bantal terlalu tinggi atau malah terlalu rendah.

8. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Anda juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit leher. Beberapa pilihan yang bisa anda coba meliputi acetaminophen, ibuprofen, naproxe, hingga aspirin. Namun konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

9. Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu penyebab mengapa leher terasa menegang. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara mengatasi stres jika ingin terhindar dari sakit leher.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dicoba:

  • Meditasi
  • Mendengarkan musik yang disukai
  • Beristirahat sejenak dari rutinitas
  • Melakukan hobi yang digemari

Add a Comment