Tips Mencegah Mata Kering Saat Pakai Masker

mencegah mata kering saat pakai masker

PrimaBerita – Pemakaian masker dalam waktu lama rupanya bisa menimbulkan beberapa masalah seperti iritasi maupun mata yang kering saat pakai masker. Adapun mata kering bisa penyebabnya oleh karena udara yang menghadap ke mata saat menghembuskan nafas. Hal ini karena udara juga keluar masuk melalui sela-sela masker. Namun itu juga yang dapat mengakibatkan kemerahan, mata berair, maupun sensasi gatal dan berpasir.

Pun demikian, sebenarnya ada beberapa cara bagi seseorang untuk mencegah mata kering saat pakai masker.

Tips Mencegah Mata Kering Saat Pakai Masker

Bernafas Melalui Hidung

Seorang dokter spesialis mata sekaligus CEO Vision Excellence Eye Consulting LLC, Joseph Allen mengungkapkan bahwa bila bernafas melalui mulut, udara akan mengenai masker. Lalu naik ke mata sehingga menyebabkan lebih banyak kekeringan. Sehingga ia menyarankan seseorang untuk menghindari ruangan yang menggunakan pendingin udara ataupun penggunaan kipas angin yang memicu lebih banyak udara terbawa ke bagian mata.

Mengenakan Kacamata Pelindung

Allen juga menyarankan untuk menggunakan kacamata pelindung untuk mencegah mata kering. Namun kacamata pelindung yang dimaksud Allen yaitu bingkai kacamata biasa yang memiliki lapisan silikon. Ini berfungsi untuk melindungi mata dari aliran udara.

Menggunakan Tetes Mata Buatan

Mencari obat tetes mata yang tidak diawetkan adalah cara terbaik. Joseph Allen juga menyebutkan bahwa ada baiknya menghindari obat tetes mata yang dapat mengobati kemerahan. Pasalnya sebagian besar obat tetes tersebut bisa saja berdampak buruk terhadap mata.

Merapatkan Masker

Seseorang bisa memakai pita logam fleksibel untuk merapatkan masker serta membuatnya lebih ketat pada wajah. Ini bisa mengurangi udara yang naik ke arah mata. Selain itu pengguna kacamata juga bisa menerapkan hal demikian untuk menghindari kabut pada lensa.

Baca Juga: Tips Mengatasi Anak Yang Tidak Mau Pakai Masker

Gunakan Humidifier

Humidifier adalah sebuah alat yang berfungsi melembabkan udara. Alat ini sangat cocok bagi orang-orang yang tinggal pada daerah panas atau daerah kering. Menurut Allen, kelembaban lebih rendah akan meningkatkan penguapan air mata.

Add a Comment