Manfaatkan Saja Bahan Dapur, 5 Obat Penurun Asam Urat

obat penurun asam urat

PrimaBerita – Ternyata bahan-bahan dapur bisa anda manfaatkan sebagai obat penurun asam urat. Tentu ini menjadi langkah awal yang baik bila dilakukan secara tepat. Pasalnya kelebihan kadar asam urat dapat menimbulkan rasa nyeri yang tidak mengenakkan yang juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini terdapat sejumlah bumbu dapur yang dapat membantu anda sebagai obat pengontrol timbulnya gejala asam urat. Karena penyakit asam urat sebenarnya bisa terjadi kepada siapa saja.

1. Jahe

Rempah yang satu ini memang sangat terkenal dengan kandungan nutrisinya yang bermanfaat, terlebih untuk mengatasi masalah peradangan. Sementara itu kemampuan jahe dalam mengatasi asam urat juga telah terdokumentasi dengan baik. Sebuah studi menemukan sebagaimana lansiran Healthline, jahe yang teroles pada bagian yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

2. Cuka Sari Apel

Jika anda mencari obat penurun asam urat maka cobalah membuat campuran cuka sari apel bersama dengan bahan lainnya seperti perasan lemon serta kunyit. Jika anda rutin mengonsumsinya maka bisa mengontrol serangan asam urat. Campurkan air lemon hangat dengan 2 sendok teh kunyit serta 1 sendok teh cuka sari apel. Kemudian minum 2 atau 3 kali dalam sehari.

3. Air Lemon

Menurut laman Medical News Today, penelitian menemukan bahwa menambahkan perasan 2 lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat. Studi menyimpulkan air lemon bisa membantu seseorang untuk menetralkan asam urat dalam tubuh.

4. Jelatang

Jelatang adalah obat herbal untuk penyakit asam urat yang dapat mengurangi nyeri maupun peradangan. Anda bisa menyeduh jelatang dengan air mendidih. Saat melakukannya seduh sekitar 1 atau 2 sdt jelatang kering per cangkir. Lalu konsumsilah 3 gelas per hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kendati demikian berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum mencoba beberapa bumbu dapur sebagai obat penurun asam urat. Sebab ini penting untuk mengetahui dosis yang tepat dan menghindari berbagai kemungkinan efek samping.

5. Seledri

Bahan dapur yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Nah untuk asam urat, esktrak dan biji selefri bisa menjadi pengobatan rumah yang bisa anda coba. Tapi begitupun masih belum banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Hanya saja seledri dipercaya mampu mengurangi peradangan.

Add a Comment